Mali Tak Ikut Terapkan Sanksi terhadap Guinea, Kenapa?

Umaya Khusniah ยท Kamis, 29 September 2022 - 11:09:00 WIB
Mali Tak Ikut Terapkan Sanksi terhadap Guinea, Kenapa?
Warga bersorak pada tentara di Conakry, Guinea, 5 September 2021. (Foto: Reuters)

BAMAKO, iNews.id - Pemerintah Mali tidak turut menerapkan sanksi yang dijatuhkan oleh blok politik dan ekonomi utama Afrika Barat, ECOWAS terhadap Guinea. Sanksi-sanksi tersebut dinilai ilegal, tidak manusiawi dan tidak sah. 

"Dengan mempertimbangkan solidaritas dan persaudaraan antara Mali dan Guinea, pemerintah transisi telah memutuskan untuk melepaskan diri dari semua sanksi ilegal, tidak manusiawi dan tidak sah yang dikenakan pada (Guinea)," kata juru bicara pemerintah Mali dan perdana menteri sementara, Abdoulaye Maiga dalam sebuah pernyataan, Rabu (28/9/2022). 

Dia juga mengatakan Mali akan, jika perlu, mengambil tindakan untuk membantu Guinea untuk melawan dampak sanksi. Tidak segera jelas apa dampak penolakan Mali untuk menerapkan sanksi.

ECOWAS menjatuhkan sanksi kepada junta yang berkuasa di Guinea pekan lalu. Guinea dinilai terlalu lama menyelenggarakan pemilihan umum dan memulihkan demokrasi setelah merebut kekuasaan tahun lalu.

Sanksi yang diterapkan ECOWAS di antaranya membekukan aset keuangan anggota junta dan melarang mereka bepergian ke negara lain di kawasan itu.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda