Minggu Terburuk, 259.000 Orang Terinfeksi Covid-19 di Brasil Hanya dalam 7 Hari

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 29 Juni 2020 - 09:26 WIB
Minggu Terburuk, 259.000 Orang Terinfeksi Covid-19 di Brasil Hanya dalam 7 Hari

Presiden Brasil Jair Bolsonaro. (Foto: AFP)

BRASILIA, iNews.idBrasil mengalami minggu terburuknya dalam pandemi virus corona. Dalam tempo tujuh hari saja, kejadian baru infeksi Covid-19 yang dikonfirmasi di negeri Amerika Latin itu mencapai 259.105 kasus.

AFP melansir, Brasil juga melaporkan angka kematian mingguan tertinggi kedua akibat Covid-19 di dunia sepanjang Senin (22/6/2020) hingga Minggu (28/6/2020), yakni mencapai 7.005 jiwa. Jumlah itu tepat di bawah rekor mingguan sebanyak 7.285 jiwa yang dicatat pada pekan sebelumnya.

Brasil menjadi negara dengan jumlah infeksi dan kematian akibat Covid-19 tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Negeri samba itu telah berjuang keras mencari strategi yang tepat untuk menangani pandemi di tengah ketidakpastian politik yang ditimbulkan oleh sikap keras kepala Presiden Jair Bolsonaro.

Para pengunjuk rasa di berbagai kota di seluruh negeri mengadakan demonstrasi menentang Bolsonaro atas buruknya penanganan sang presiden terhadap krisis kesehatan di Brasil. Politikus garis kanan itu sedari awal telah meremehkan wabah virus corona dan menganggapnya hanya “flu kecil” biasa.

Bolsonaro juga memperburuk keadaan dengan mengejek langkah-langkah pembatasan yang diterapkan sejumlah pemerintah negara bagian di Brasil dalam mencegah penyebaran Covid-19. Sang presiden secara terang-terangan mencemooh aturan jarak sosial (social distancing) dan persyaratan penggunaan masker di tempat-tempat umum yang diterapkan pemerintah daerah di Ibu Kota Brasilia.

Editor : Ahmad Islamy Jamil