Napi Tewas dalam Kerusuhan Penjara Jadi 62 Orang, Pemicunya 2 Geng Kriminal Berebut Kekuasaan

Anton Suhartono ยท Rabu, 24 Februari 2021 - 07:11:00 WIB
Napi Tewas dalam Kerusuhan Penjara Jadi 62 Orang, Pemicunya 2 Geng Kriminal Berebut Kekuasaan
Jumlah napi yang tewas dalam kerusuhan di penjara Ekuador bertamban menjadi 62 orang (Foto: AFP)

QUITO, iNews.id - Jumlah narapidana yang tewas dalam kerusuhan di tiga penjara Ekuador, Selasa (23/2/2021), bertambah menjadi 62 orang. 

Kekerasan di penjara itu disebut pemerintah sebagai ulah kelompok geng kriminal yang berusaha menguasai penjara.

"Ini merupakan dua kelompok yang bersaing mendapatkan posisi kepemimpinan di pusat-pusat penahanan," kata Edmundo Moncayo, direktur lembaga pemasyarakatan Ekuador, dikutip dari Reuters, Rabu (24/2/2021).

Dia melanjutkan, 800 personel kepolisian tambahan dikerahkan ke tiga penjara untuk mengendalikan situasi. Kekerasan meletus di penjara Provinsi Guayas, Azuay, dan Cotopaxi yang menampung sekitar 70 persen dari total jumlah narapidana di Ekuador.

Pihak berwenang sejauh ini berhasil mengontrol dan memulihkan keamanan di tiga penjara.

Kerusuhan juga menyebabkan korban luka dari polisi, namun tak disebutkan jumlahnya. Sementara itu sipir penjara mengungsi selama kerusuhan.

Presiden Lenin Moreno mengatakan keadaan darurat diberlakukan di seluruh penjara. Dia juga memerintahkan militer menjaga ketat penggunaan senjata, amunisi, dan bahan peledak di perimeter luar penjara.

Ekuador memiliki sekitar 53 lembaga pemasyarakatan, termasuk pusat penahanan anak-anak. Total ada sekitar 37.500 penghuni penjara.

Editor : Anton Suhartono