Pemimpin Junta Myanmar Min Aung Hlaing Tiba di Jakarta, Sempat Dites PCR di Bandara Soetta

Djairan · Sabtu, 24 April 2021 - 13:08:00 WIB
Pemimpin Junta Myanmar Min Aung Hlaing Tiba di Jakarta, Sempat Dites PCR di Bandara Soetta
Min Aung Hlaing (kiri) tiba di Bandar Soekarno-Hatta (Foto: Istana Presiden RI via Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Pemimpin junta militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (24/4/2021), untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi (KTT) ASEAN.

Min Aung Hlaing tiba sekitar pukul 11.00 WIB. Dia disambut Duta Besar Myanmar untuk Indonesia Ei Ei Khin Aye dan Kepala Protokol Negara (KPN) Andy Rachmianto.

“Panglima militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing akan hadir pada ASEAN Leaders’ Meeting (ALM) yang digelar pada Sabtu, 24 April 2021, di Jakarta,” bunyi keterangan laman resmi Presiden RI, Sabtu (24/4/2021).

Tampak sosok pria berusia 64 tahun itu mengenakan jas hitam dan masker, berjalan perlahan menuruni tangga pesawat Myanmar Airways International. Min Aung Hlaing dan delegasi terlebih dahulu menjalani tes swab PCR dan pemeriksaan kesehatan.

Selanjutnya, dia meninggalkan bandara menuju lokasi pertemuan di Gedung Sekretariat ASEAN, Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Pertemuan yang dihadiri para pemimpin serta menteri luar negeri negara anggota ASEAN itu khusus membahas krisis Myanmar. Indonesia, Vietnam, Singapura, Malaysia, Kamboja, dan Brunei Darussalam diwakili langsung pemimpin masing-masing, sementara Thailand dan Filipina mengirim menteri luar negeri.

Mereka akan mencari jalan keluar pascakudeta militer menggulingkan pemerintahan Aung San Suu Kyi pada 1 Februari. 

Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi mengatakan KTT ASEAN ini mencerminkan keprihatinan mendalam tentang situasi di Myanmar serta menunjukkan tekad untuk membantu negara itu keluar dari situasi sulit.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: