Singapura Akhirnya Masukkan Sinovac untuk Program Vaksinasi Nasional

Anton Suhartono ยท Sabtu, 23 Oktober 2021 - 16:55:00 WIB
Singapura Akhirnya Masukkan Sinovac untuk Program Vaksinasi Nasional
Singapura akhirnya memasukkan Sinovac dalam program vaksinasi nasional (Foto: Reuters)

SINGAPURA, iNews.id - Singapura akhirnya memasukkan vaksin Covid-19 Sinovac dalam program imunisasi nasional. Sebelumnya Otoritas Ilmu Kesehatan (HSA) Singapura hanya memberikan otorisasi sementara bagi vaksin ini di bawah Rute Akses Khusus Pandemi (PSAR), sehingga penggunaannya hanya diberikan di klinik tertentu.

Kementerian Kesehatan (MOH) Singapura menyatakan, tak semua warga bisa menerima vaksin Covid-19 berbasis mRNA seperti Pfizer dan Moderna. Sejauh ini lebih dari 90 persen warga dengan kelompok usia memenuhi syarat sudah mendapatkan dosis penuh vaksin mRNA. Namun sisanya belum bisa mendapatkan dosis penuh karena berbagai macam alasan, termasuk alergi.

"Untuk memastikan setiap warga memiliki perlindungan cukup baik terhadap Covid-19, kami akan menawarkan tiga dosis Sinovac-CoronaVac di bawah program vaksinasi nasional kepada mereka yang belum menyelesaikan dosis penuh, termasuk orang yang hanya menerima satu atau dua dosis Sinovac sebelumnya," bunyi pernyataan MOH, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (23/10/2021).

MOH juga menerapkan pedoman penggunaan Sinovac karena tingkat kemanjuran vaksin ini lebih rendah dari Pfizer dan Moderna. Pedoman itu adalah:

1. Orang yang hanya menerima satu atau dua dosis vaksin Sinovac 'sangat dianjurkan' untuk menyelesaikan sampai tiga dosis guna memberikan perlindungan yang lebih optimal.

2. Orang yang tidak bisa menggunakan vaksin mRNA karena alasan medis harus menerima tiga dosis vaksin Sinovac.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: