Sudah 43 Tahun Berkuasa, Presiden Ini Masih Ngebet Nambah Periode!

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 20 November 2022 - 15:25:00 WIB
Sudah 43 Tahun Berkuasa, Presiden Ini Masih Ngebet Nambah Periode!
Presiden Guinea Khatulistiwa, Teodoro Obiang Nguema. (Foto: Reuters)

MALABO, iNews.id – Rakyat Guinea Khatulistiwa memberikan suara mereka dalam pemilihan umum (pemilu) yang digelar hari ini. Menurut prediksi para analis, Presiden Teodoro Obiang Nguema bakal kembali berada di pucuk pimpinan negara kecil penghasil minyak di Afrika Barat itu.

Obiang sudah 43 tahun menjadi kepala negara Guinea Khatulistiwa. Dia pun tercatat sebagai presiden terlama di dunia yang masih menjabat sekarang ini.

Reuters melansir, lebih dari 400.000 orang mendaftar untuk memberikan suara di negara berpenduduk sekitar 1,5 juta itu. Selain memilih preisden, para pemilih juga akan memberikan suara mereka untuk memilih 100 anggota DPR, 55 dari 70 senator, dan wali kota setempat.

Para pengamat menduga tidak ada yang mengejutkan dari hasil pemilu kali ini. Pasalnya, Obiang—yang kini sudah berusia 80 tahun—selalu terpilih dengan lebih dari 90 persen suara dalam berbagai jajak pendapat.

Sementara seluruh hasil survei itu pun dipertanyakan keabsahannya oleh para pengamat internasional, disebabkan adanya keluhan lama dari kelompok hak asasi atas kurangnya kebebasan politik di negeri Afrika itu.

Obiang memang diprediksi kuat bakal menjadi presiden lagi untuk periode keenamnya. Ada dua pesaingnya dalam memperebutkan jabatan itu, yaitu kandidat oposisi Buenaventura Monsuy Asumu dan Andrés Esono Ondo. Monsuy sudah enam kali mencalonkan diri dan selalu kalah melawan Obiang. Sementara, Esono baru kali ini menjajal peruntungannya di pemilu presiden.

“Pemilihan presiden benar-benar tanpa ketegangan,” kata Maja Bovcon, analis senior Afrika di perusahaan intelijen risiko Verisk Maplecroft.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda