Viral Video Xanana Gusmao Cium Kening Habibie, Dubes: Awalnya Mau Kirim Undangan

Anton Suhartono, Antara ยท Jumat, 13 September 2019 - 17:15 WIB
Viral Video Xanana Gusmao Cium Kening Habibie, Dubes: Awalnya Mau Kirim Undangan

Xanana Gusmao menemui BJ Habibie di RSPAD Gatot Soebroto pada Juli 2019 (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Jagad maya baru-baru ini dihebohkan dengan beredarnya video mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao tengah mencium kening BJ Habibie.

Video tersebut diketahui diambil dan diunggah pada Juli 2019 saat Xanana menjenguk BJ Habibie di RSPAD Gatot Soebroto.

Baca Juga: Viral Video Presiden Pertama Timor Leste Xanana Gusmao Cium Kening Habibie di RS

Ternyata, selain menjenguk, Xanana datang untuk menyampaikan undangan peresmian jembatan BJ Habibie di Kota Dili.

Menurut Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia, Alberto XP Carlos, peresmian jembatan BJ Habibie semula diharapkan akan dihadiri Presiden ke-3 RI terebut. Namun undangan itu tidak dapat dipenuhi oleh Habibie yang terbaring sakit di RSPAD Gatot Soebroto.

(Jenazah BJ Habibie dimakamkan di TMPN Kalibata/AFP)

"Itu yang menyebabkan Pak Xanana datang dan ingin bertemu Habibie di kediaman, tapi tidak bisa karena beliau ternyata sakit dan berada di RSPAD," ujar Alberto.

Baca Juga: Berbelasungkawa, Donald Trump Puji BJ Habibie sebagai Pemimpin Hebat

"Kami datang dan saat melihat Pak Habibie terbaring sakit, Pak Xanana langsung merasa sangat sangat sedih melihat kondisi seorang Habibie yang enerjik dan punya semangat luar biasa tinggi terbaring lemah di rumah sakit," katanya, melanjutkan.

Alberto menambahkan, Xanana berlutut di samping tempat tidur Habibie dan memeluknya sambil menyampaikan pesan undangan peresmian jembatan dan peringatan 20 tahun Referendum Timor Leste yang jatuh pada 30 Agustus 2019.

Baca Juga: Begini Pujian Dubes Australia untuk Almarhum BJ Habibie

"Pak Xanana berkata kepada Pak Habibie, 'Bapak, kami sudah 20 tahun referendum, rakyat Timor Leste mengharapkan Bapak datang ke Timor Leste'," kata Alberto.

Xanana pun kembali ke Dili dan Pemerintah Timor Leste memutuskan mempercepat penyelesaian jembatan tersebut agar bisa diresmikan pada 29 Agustus 2019, sehari sebelum peringatan Referendum Timor Leste.

(Warga memadati makam BJ Habibie untuk mendoakan/AFP)

Tak jelas siapa yang merekam adegan mengharukan tersebut, namun salah satu yang mem-posting-nya merupakan pengguna Facebook bernama Alberto XP Carlos yang berbasis di Dili. Video diunggahnya pada 22 Juli 2019. Hingga saat ini video sudah dilihat lebih dari 1 juta kali di Facebook, Twitter, dan Instagram.

BJ Habibie wafat pada Rabu pukul 18.05 WIB. Mantan Menteri Riset dan Teknologi itu dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata pada Kamis (12/9/2019) siang, dipimpin Presiden Joko Widodo.


Editor : Anton Suhartono