WHO Batal Merilis Laporan Awal Penelitian Asal Usul Covid di Wuhan, Ini Alasannya

Anton Suhartono ยท Jumat, 05 Maret 2021 - 16:15:00 WIB
WHO Batal Merilis Laporan Awal Penelitian Asal Usul Covid di Wuhan, Ini Alasannya
WHO batal merilis laporan awal hasil penyelidikan asal usul Covid-19 di Wuhan (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membatalkan rencana merilis laporan awal hasil penyelidikan asal usul Covid-19. Bulan lalu tim internasional pergi ke Kota Wuhan, China, tempat kasus pertama kali dilaporkan, untuk menyelidiki asal usul virus corona.

Surat kabar The Wall Street Journal (WSJ), mengutip pernyataan ketua tim peneliti Peter Ben Embarek, melaporkan, rencana itu dibatalkan. 

Tim sebelumnya menyatakan, hasil penilitian tidak bisa menentukan dengan jelas asal-usul virus yang kini telah menjangkiti lebih dari 100 juta penduduk Bumi itu.

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada 12 Februari mengatakan, laporan awal berisi ringkasan temuan tim akan segera diterbitkan dan laporan lengkapnya akan selesai dalam beberapa pekan kemudian.

Namun seorang juru bicara WHO mengatakan, tim hanya akan akan menerbitkan laporan lengkap dan final dari hasil temuan mereka.

"(Laporan) Akan diterbitkan dalam beberapa pekan mendatang dan mencakup temuan-temuan penting," kata juru bicara, seperti dilaporkan kembali AFP, Jumat (5/3/2021).

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2