5 Pesepeda dan Pejalan Kaki Tak Bermasker di Jalan Hayam Wuruk Diberi Sanksi

Miftahul Ghani ยท Minggu, 26 Juli 2020 - 12:17 WIB
5 Pesepeda dan Pejalan Kaki Tak Bermasker di Jalan Hayam Wuruk Diberi Sanksi

Pejalan kaki tak bermasker di Jalan Hayam Wuruk, Jakbar dihukum menyapu jalan, Minggu (26/7/2020). (Foto: iNews/Miftahul Ghani)

JAKARTA, iNews.id - Hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) digelar di ruas Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat pada Minggu (26/7/2020). Sejumlah pejalan kaki dan pesepeda antusias berolahraga di kawasan tersebut.

Beberapa posko pemantauan didirikan untuk mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan oleh masyarakat di kawasan itu. Salah satunya mengawasi warga yang tak bermasker.

Menurut pantauan di lokasi sejumlah pesepeda dan pejalan kaki dihentikan petugas karena tak menggunakan masker. Mereka yang kedapatan tak membawa masker dikenakan sanksi mulai dari menyapu fasilitas umum hingga membayar denda Rp250.000.

Salah satunya menimpa pejalan kaki bernama Satibi. Dia harus menjalani saksi sosial menyapu trotoar di kawasan itu karena kedapatan keluar rumah tak menggunakan masker.

Satibi mengatakan lupa membawa masker karena buru-buru berangkat kerja. Dia mengaku kapok tak ingin mengulangi keselahan tersebut setelah menjalani hukuman.

"Saya buru-buru kerja lupa bawa masker. Tidak mau lagi deh, sudah kapok," kata Satibi.

Petugas Satpol PP Jakarta Barat yang bertugas di lokasi, Ricca menjelaskan hari ini ada lima pesepeda dan pejalan kaki yang diberi sanksi. Menurutnya secara keseluruhan warga sudah sadar menggunakan masker saat keluar rumah untuk menghindari penularan covid-19.

"Hari ini tidak terlalu banyak pelanggar, ada lima. Diberi sanksi menyapu fasilitas umum sampai bayar denda Rp250.000," katanya.

Pemprov Jakarta total menggelar HBKB di 30 titik di seluruh ibu kota. Pelaksanaan dibatasi pukul 06.00 hingga 09.00 WIB.

Editor : Rizal Bomantama