Anies Minta Warga Terdampak Nama Jalan Baru Tak Buru-buru Ganti Dokumen

Bachtiar Rojab · Selasa, 28 Juni 2022 - 10:05:00 WIB
Anies Minta Warga Terdampak Nama Jalan Baru Tak Buru-buru Ganti Dokumen
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan . (Foto: MPI/Carlos Roy Fajarta)

JAKARTA, iNews.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan masyarakat yang terkena imbas pergantian nama di 22 jalan di Jakarta tidak perlu buru-buru mengganti dokumennya. Sebab, menurut Anies dokumen lama masih berlaku hingga saat ini. 

"Teman-teman yang nama jalan rumahnya mendapat nama baru, tidak perlu langsung ganti dokumen administrasi, karena dokumen lama masih berlaku, dan penggantian nama jalan di dokumen tidak dikenai biaya," tulis Anies dalam akun Instagram @aniesbaswedan, Senin (27/6/2022). 

Lebih lanjut, Anies menjelaskan, para instansi terkait telah mendukung Kepgub No. 565/ 2022 dan akan membantu kebijakan pergantian nama jalan. Sehingga, masyarakat tidak perlu lagi cemas terkait alamat di dokumen.

"Pihak Kepolisian tidak mewajibkan masyarakat langsung mengurus dan mengganti surat-surat berlalu lintas untuk perubahan nama jalan, melainkan masyarakat dapat mengurus pergantian data saat surat-surat tersebut akan habis masa berlakunya," tutur dia. 

Adapun, terkait sertifikat atas tanah dengan dokumen lama masih berlaku. Masyarakat juga tidak akan dibebankan tambahan biaya apabila ingin mengubah dokumen ke nama jalan yang baru pada surat-surat tanah.

"Penyesuaian data ini juga tidak akan mengganggu pembayaran santunan Jasa Raharja apabila terdapat warga di lingkungan pergantian nama jalan tersebut yang mengalami kecelakaan," katanya. 

"Khusus untuk dokumen perizinan berusaha, sepanjang tidak ada perubahan titik lokasi usaha, tidak diperlukan adanya dokumen perizinan berusaha baru," ucap dia.

Sementara itu, Anies mengimbau masyarakat yang ingin melakukan perubahan dokumen perizinan berusaha, dapat langsung menginput sistem One Single Submission (OSS) dan mengunggah Keputusan Gubernur tentang Perubahan Nama Jalan sebagai lampirannya.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda