Detik-Detik Penggerebekan Rumah John Kei, Eksekutor di Tangerang Diringkus

Rahmat Hidayat, Irfan Ma'ruf ยท Senin, 22 Juni 2020 - 00:06 WIB
Detik-Detik Penggerebekan Rumah John Kei, Eksekutor di Tangerang Diringkus

Polisi bersenjata lengkap menggerebek rumah John Kei di Perumahan Tytan Indah, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (2/6/2020) malam. (Foto: iNews/Rahmat Hidayat).

JAKARTA, iNews.id – Polisi menggerebek rumah John Kei di Perumahan Tytyan Indah, Kali Baru, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (21/6/2020) malam. Sebanyak 22 orang ditangkap dalam operasi ini.

Dua di antara pelaku diidentifikasi sebagai C dan JK. Keduanya diduga sebagai dalang/eksekutor pembacokan di Duri Kosambi dan penembakan di Klaster Australia Green Lake City, Tangerang, Banten, Minggu siang.

“Selain itu 20 orang lainnya juga diamankan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Minggu (21/6/2020) malam.

Pengggerebekan berlangsung pukul 20.15 WIB. Aparat gabungan dari Direktorat Resese Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Polres Tangeran Kota dan Bekasi Kota mendatangi Perumahan Tytyan Indah. Mereka berpakaian sipil dan bersenjata.

Polisi bergerak cepat. Di sebuah rumah mewah yang ditengarai sebagai markas kelompok John Kei polisi menyerbu. Tembakan peringatan beberapa kali terdengar.

Tidak ada perlawanan berarti. Puluhan orang di rumah itu segera digirin ke mobil dalmas yang talah disiapkan. Sejumlah barang bukti diamankan dari penggerebekan ini.

“Barang bukti yang diamankan yakni 28 buah tombak, 24 senjata tajam, 2 ketapel panah, 3 anak panah, 2 stik bisbol, 17 handphone, dan 1 dekorder hikvision,” ucap Yusri.

Penggerebekan ini merupakan tindak lanjut dari penyelidikan kasus pembacokan sadis warga di Duri Kosambi dan penembakan di Klaster Australia Green Lake City, Tangerang, Banten, Minggu siang tadi.

Dalam peristiwa pembacokan di Duri Kosambi, Yustus Corwing Rahakbau, 46 tahun, terkapar bersimbah darah usai ditebas senjata tajam saat melintas di pertigaan ABC dengan mengendarai motor. Para pelaku berjumlah lima orang diduga dari kelompok John Kei.

Akibat sabetan parang, Yustus tersungkur. Sempat berupaya kabur, dia kembali tertangkap oleh pelaku. Tubuhnya kembali dihujani bacokan senjata tajam. Dua jarinya bahkan terputus. Tak hanya itu, seorang pelaku mengendarai mobil melindas tubuhnya.

Sebelum peristiwa itu, aksi kriminal juga terjadi di Klaster Australia, Green Lake City. Empat mobil yang ditumpangi sekelompok orang mendatangi rumah Nus Key.

Di tempat itu mereka juga merusak mobil dan menghancurkan kaca rumah. Saat keluar hendak meninggalkan perumahan, komplotan ini mengumbar tembakan.

Editor : Zen Teguh