Menhub Izinkan Angkutan Umum Beroperasi Besok, Transjakarta-MRT Tetap Ikuti Anies

Sindonews ยท Rabu, 06 Mei 2020 - 18:59 WIB
Menhub Izinkan Angkutan Umum Beroperasi Besok, Transjakarta-MRT Tetap Ikuti Anies

Stasiun MRT di Bendungan Hilir, Jakarta. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Semua moda transportasi baik itu angkutan udara, laut, kereta api dan bus sudah dapat beroperasi kembali Kamis, 7 Mei 2020. Meski begitu, moda transportasi di DKI Jakarta tetap akan beroperasi sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) No 33/2020 tentang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta, Muhammad Kamaludin mengatakan, pihaknya sampai saat ini belum ada arahan atau instruksi lanjutan terkait adanya kebijakan mengoperasikan kembali Moda Raya Terpadu (MRT) secara normal. "Kami tetap beroperasi sesuai Pergub DKI Jakarta tentang PSBB," ujarnya saat dihubungi, Rabu (6/5/2020).

Selama PSBB diberlakukan di Jakarta, Kamal memaparkan, penumpang MRT semakin menurun hingga saat ini hanya sekitar 3.000 per hari. Apalagi tujuh stasiun yang dimilikinya telah ditutup untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) di MRT ataupun stasiun.

PT MRT Jakarta, menurut Kamal, juga telah menjalani protokol kesehatan Covid-19. Mulai dari penyediaan tempat cuci tangan, hingga wajib menggunakan masker dalam menggunakan MRT.

"Kami juga melakukan rapid test di Stasiun Kendal Dukuh Atas tadi pagi. Tujuannya untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona di MRT," katanya.

Senada dengan MRT, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) juga tetap akan beroperasi sesuai Pergub No 33/2020 tentang PSBB. "Kita tetap beroperasi pukul 06.00-18.00 WIB dan membatasi penumpang serta mewajibkan penggunaan masker," ungkapnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan Pergub Nomor 33 Tahun 2020 Tentang PSBB. Di dalamnya terdapat pasal soal peraturan moda transportasi.

Moda transportasi selama pemberlakuan PSBB diberlakukan pembatasan sementara kendaraan untuk pergerakan orangg dan barang di Jakarta. Artinya bahwa kendaraan umum dibatasi kapasitas 50 persen dan beroperasi dari pukul 6.00-18.00 WIB.

Editor : Djibril Muhammad