New Normal, Polda Metro Kerahkan 3.987 Personel Jaga DKI Jakarta dan Sekitarnya

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 12:55 WIB
New Normal, Polda Metro Kerahkan 3.987 Personel Jaga DKI Jakarta dan Sekitarnya

Larangan Mudik (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Polda Metro Jaya sudah menyiapkan 3.987 personel untuk mengawal jalannya penerapan New Normal. Ribuan personel Polri itu belum termasuk personel dari instansi lain yang akan membantu mengawal penerapan New Normal tersebut.

Para personel bersiaga di wilayah ibu kota dan sekitarnya. Mereka akan berkoordinasi dengan TNI.

"Untuk awal saja sebanyak 3.987 personel kepolisian, baru kepolisian nanti TNI menyusul, tetapi ini masih bisa lebih lagi tergantung lokasi-lokasi mana yang akan dibuka," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Kamis (28/5/2020).

Ribuan personel itu masih hitungan kasar dari Polda Metro dan masih bisa saja bertambah. Namun pihaknya masih belum dapat memastikan secara pasti total personel yang akan dikerahkan. 

Hal itu karena rapat terkait penerapan New Normal di wilayah Metro Jaya baru akan berlangsung pada hari ini. Saat ini, pihak Polda Metro belum mengetahui titik-titik apa saja dan dimana saja yang akan dibuka.

"Rencana kita akan rapat dengan para Kapolres-kapolres karena memang yang dikedepankan disini adalah mengawasi dari TNI maupun Polri. Kita akan mengetahui beberapa kekuatan yang dipersiapkan untuk pengamanan dan tempatnya dimana aja, kita masih menunggu juga dari Pemprov karena Ketua Gugus Tugas nya adalah Pemprov DKI," kata Yusri.

Polisi masih menunggu hasil koordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta. Titik yang dijaga di antaranya mal, stasiun hingga bandara.

"Titik mana saja, baik itu di mall, stasiun kereta, bandara dan juga tempat-tempat keramaian lainnya yang akan mungkin dibuka tetapi dengan tidak mengindahkan protokol kesehatan bagaimana cara bertindaknya, nanti sama," kata Yusri. 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq