Polisi Cari Asal-usul Senpi Kelompok John Kei yang Disita

Irfan Ma'ruf ยท Kamis, 02 Juli 2020 - 10:06 WIB
Polisi Cari Asal-usul Senpi Kelompok John Kei yang Disita

Polisi gelar konper penyerangan anak buah John Kei, Senin (22/6/2020) (Foto: iNews/Irfan Ma`ruf)

JAKARTA, iNews.id - Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya masih mendalami lebih lanjut asal muasal barang bukti senjata api (senpi) berbagai jenis dari tangan kelompok John Kei. Senpi yang disita diduga digunakan kelompok John Kei dalam peristiwa penganiayaan dan perusakan di Tangerang.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengatakan pihaknya belum mendapat informasi detail perihal asal-usul berbagai jenis senjata api yang disita dari kelompok John Kei. Menurutnya penyidik masih bekerja menganalisis senpi tersebut.

"Kami masih melakukan penelitian lebih lanjut terkait senjata api itu," kata Tubagus kepada wartawan di Jakarta, Kamis (2/7/2020).

Dia mengatakan para saksi yang telah diperiksa menyebut ada tujuh kali tembakan yang dilakukan kelompok John Kei saat menyerang rumah Nus Kei. Namun, senpi hanya bisa diisi enam peluru.

Tubagus menyebut hal itu tidak berarti pelaku memiliki senjata api yang banyak. Dia menyebut bisa saja pelaku mengisi kembali peluru saat dia melakukan penembakan tersebut.

"Artinya bunyi tembakan tidak menjadi salah satu tolak ukur apakah itu bukan revolver, bisa saja diisi kembali. Mengisi itu satu silinder ada yang lima, ada yang enam. Taruh lah yang enam kemudian ada tujuh misalnya tidak menutup kemungkinan itu diisi kembali dan butuh waktu sangat singkat," ucap Tubagus.

Tubagus menegaskan seluruh barang bukti berupa senjata api yang digunakan kelompok John Kei sudah diamankan kepolisian. Ada satu senjata api rakitan dan satu senjata api merek Bareta yang digunakan kelompok John Kei saat menyerang rumah Nus Kei yang berhasil diamakan polisi.

"Tapi yang jelas sudah, yang diduga digunakan sudah didapatkan semua, barang buktinya sudah diamankan," kata Tubagus.

Seperti diketahui, John Kei dan puluhan anak buahnya melakukan perusakan rumah Nus Kei di Kota Tangerang. Hingga kini ada 39 pelaku yang sudah diamankan dalam peristiwa itu.

Saat merusak rumah Nus Kei, anak buah John Kei sempat diketahui mengumbar tembakan sebanyak tujuh kali. Satu tembakan salah sasaran mengenai sopir ojek online di lokasi kejadian.

Editor : Rizal Bomantama