243 Rumah Warga Karangasem Bali Rusak Berat Akibat Guncangan Gempa M4,8

Binti Mufarida ยท Minggu, 17 Oktober 2021 - 22:45:00 WIB
243 Rumah Warga Karangasem Bali Rusak Berat Akibat Guncangan Gempa M4,8
Gempa Bali meruntuhkan rumah warga di Karangasem dan Bangli. (Foto: BPBD Bali)

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 243 rumah warga Karangasem mengalami rusak berat akibat guncangan gempa bumi M4,8 yang terjadi pada Sabtu (16/10/2021). Sementara itu, ratusan rumah lainnya mengalami rusak ringan.

Saat ini, pemerintah Kabupaten Karangasem terus melakukan upaya penanganan darurat pasca gempa. Berdasarkan perkembangan data pada Minggu (17/10), pukul 16.20 WIB, tercatat selain kerusakan rumah dengan kategori rusak berat, sebanyak 300 rumah warga rusak ringan dan 3 lainnya rusak sedang.

“Selain kerusakan di sektor permukiman, gempa mengakibatkan kerusakan berat pada 21 unit pelinggih atau bangunan suci, 6 paseh dan 2 candi. Satu candi lainnya rusak ringan,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Minggu (17/10/2021).

Dampak kerusakan juga terjadi pada fasilitas pendidikan 1 unit dan 3 titik akses jalan yang tertutup material longsor. 

Kerusakan di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, ini tersebar di beberapa desa di 4 kecamatan, antara lain Desa Ban dan Dukuh (Kecamatan Kubu), Rendang dan Pempatan (Rendang), Jungutan (Bebandem) dan Amerta Buana (Selat).

Dampak korban jiwa di kabupaten ini tercatat 1 warga meninggal dunia, 6 luka berat dan 69 luka ringan. Warga yang mengalami luka-luka telah mendapatkan perawatan medis di fasilitas kesehatan setempat.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: