40 Contoh Soal PCK PPG Lengkap dengan Kunci Jawabannya
JAKARTA, iNews.id - Contoh soal PCK PPG lengkap dengan kunci jawabannya berikut ini bisa dijadikan bahan belajar di rumah. Adapun, bentuk soal akan diujikan pada UTBK UKPPPG Guru Tertentu.
PPG atau Program Pendidikan Guru merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menerapkan prinsip mutu. Mulai dari seleksi, pembelajaran, penilaian, hingga uji kompetensi. Dengan tujuan guru-guru masa depan yang profesional akan hadir di masa depan.
Sementara itu, PCK atau Pedagogical Content Knowledge adalah tes pengetahuan yang diujikan kepada peserta PPG (Pendidikan Profesi Guru), Tes ini menguji seberapa besar kemampuan guru mengenai materi pelajaran, cara penyampaian, atau pemecahan masalah yang nantinya akan diberikan kepada siswa.
Melansir berbagai sumber, Senin (21/10/2024), berikut contoh soal PCK PPG.
1. Hasil pengamatan kegiatan pembelajaran di suatu kelas menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih merasa kesulitan menentukan mana yang nilainya lebih besar antara 0,75 dengan….
Sumber kesulitan berikut yang kurang sesuai dengan permasalahan tersebut adalah...
A. Siswa miskonsepsi bahwa pecahan yang mempunyai penyebut lebih besar maka nilainya lebih besar
B. Siswa kurang menguasai konsep perbandingan pecahan
C. Siswa belum menguasai operasi pecahan dan decimal
D. Siswa kesulitan mengubah bilangan desimal ke pecahan
E. Siswa kurang menguasai bilangan senilai (desimal dan pecahan)
Jawaban: C
2. Bu Yasmin menemukan bahwa hasil ulangan siswa masih kurang memuaskan khusus nya untuk soal no 4 yaitu: "Bu Tari mempunyai stok 24 botol sirup, 40 kaleng biskuit dan 72 bungkus coklat. Jika ia ingin membuat parsel dengan isi sama maka berapa kemungkinan parcel terbanyak yang dapat dibuat dari total yang dimiliki Bu Tari?"
Tindakan lanjut yang dapat dilakukan Bu Yasmin adalah...
A. Mengingatkan kembali dan membahas soal tentang materi KPK
B. Mengingatkan kembali dan membahas soal tentang materi FPB
C. Mengingatkan kembali tentang cara menentukan faktor persekutuan bilangan
D. Mengingatkan kembali dan membahas soal tentang materi pembagian
E. Memberikan soal untuk dibahas kembali tentang kelipatan bilangan
Jawaban: B
3. Bu Faira seorang guru SD kelas V bermaksud mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Kompetensi dasar yang dicapai adalah berkaitan dengan penguasaan kosa kata siswa. Pernyataan manakah di bawah ini yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa...
A. Setiap siswa diminta membaca teks tentang lingkungan. Kemudian guru menuliskan kosa kata tentang lingkungan yang ada dalam teks. Kemudian siswa diminta mencari arti kosa kata yang dituliskan guru di papan tulis
B. Setiap siswa membaca teks tentang lingkungan kemudian siswa menuliskan kesimpulan dari teks yang dibaca
C. Siswa menyimak teks bertemakan lingkungan yang dibacakan guru dan kemudian siswa secara berkelompok diminta menyebutkan kosa kata yang berkaitan dengan lingkungan
D. Setiap siswa diminta membawa kantong misteri berisi satu benda yang berkaitan dengan lingkungan, kemudian kantong misteri ditukar dengan temannya. Tugas siswa adalah memberikan kata sebanyak mungkin terkait benda yang ada di kantong misteri tersebut
E. Siswa membaca dalam hati teks bertemakan lingkungan lalu siswa secara individu diminta mengidentifikasi kosa kata yang berkaitan dengan lingkungan dari teks bacaan yang dibaca
Jawaban: D
4. Pak Rahman melakukan refleksi terkait pembelajaran IPA, berdasarkan hasil refleksi teridentifikasi masalah terkait kesulitan peserta didik dalam menyampaikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energy. Supaya dapat memperbaiki masalah tersebut rencana tindakan yang perlu dilakukan oleh Pak Rahman adalah...
A. Menerapkan kegiatan eksperimen
B. Menggunakan media audiovisual
C. Menerapkan kegiatan kerja kelompok
D. Menerapkan kegiatan diskusi
E. Menggunakan alat peraga perubahan bentuk energy
Jawaban: A
5. Pada saat aktivitas pembelajaran IPA materi organ pencernaan Bu April mengarahkan peserta didik untuk menyiapkan alat dan bahan untuk membuat bagan organ pencernaan manusia. Kemudian Peserta didik menyiapkan alat dan bahan sesuai arahan dari guru. Kegiatan yang dilakukan oleh Bu April dan peserta didiknya merupakan tahapan penerapan model pembelajaran project based learning pada tahapan ke-?
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Empat
E. Lima
Jawaban: B
6. Ibu Hesty mengajar materi penerapan nilai-nilai pancasila sila ke-2 dalam kehidupan sehari-hari bagi peserta didiknya. Maka Bu Hesty kemudian memberikan contoh kepada peserta didiknya, contoh di bawah ini yang merupakan penerapan sila ke-2 yang disampaikan oleh Bu Hesty yaitu….. (Jawaban lebih dari satu)
A. Menghargai hasil karya teman
B. Bergaul dengan teman tanpa membeda-bedakan baik secara agama maupun ras.
C. Membantu teman yang sedang mengalami kesulitan belajar
D. Tidak mencontek maupun memberikan contekan saat ujian sekolah
E. Mengucap salam ketika bertemu dengan teman maupun guru
Jawaban (B,C,D)
7. Pada aktivitas pembelajaran IPA materi siklus air Bu Nanda ingin menilai keterampilan dari peserta didik yang ia ajar. Maka tujuan pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran tersebut ialah….
A. Setelah menyimak video pembelajaran melalui media power point, peserta didik mampu mengidentifikasi 5 urutan siklus air secara tepat.
B. Setelah melakukan demonstrasi dengan alat peraga Diorama Siklus Air,
peserta didik mampu memahami definisi 5 urutan siklus air secara benar.
C. Setelah menyimak video melalui media pembelajaran power point, peserta didik mampu menganalisis 5 tindakan manusia yang berdampak positif dan negatif terhadap keberlangsungan siklus air di bumi secara tepat.
D. Setelah melakukan diskusi kelompok, peserta didik mampu menggambar 5 urutan siklus air secara urut.
E. Setelah menyimak video pembelajaran tentang siklus air peserta didik dapat menyebutkan terjadinya siklus air secara berurutan dengan benar.
Jawaban: D
8. Perhatikan urutan kemerdekaan Indonesia
1) Soekarno dan Mohammad Hatta dibawa ke rengasdengklok oleh pemuda pemuda
2) Jepang menyerah kepada sekutu
3) Pengeboman hiroshima dan nagasaki
4) Proklamasi kemerdekaan indonesia
Pak Aris ingin mengajarkan urutan peristiwa kemerdekaan Indonesia kepada peserta didiknya. Maka Pak Aris mengajarkan urutan kemerdekaan yang benar dan sesuai adalah….
A. 2-1-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 3-1-2-4
E. 1-3-2-4
Jawaban: C
9. Pak Hamzah ingin mengajarkan materi diagram batang dan piktogram pada mata pelajaran matematika. Adapun capaian pembelajarannya yaitu peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan). Maka tujuan pembelajaran yang bisa dibuat dan dicapai agar mencakup 3 ranah
yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik yaitu….
(Jawaban lebih dari satu)
A. Melalui menyimak video slide interaktif dan kuis peserta didik dapat menafsirkan data diagram batang dan piktogram dengan benar.
B. Melalui kuis kemudian berdiskusi dalam kelompok serta mengerjakan evaluasi secara mandiri peserta didik dapat membuat diagram batang dengan benar.
C. Melalui berdiskusi dalam kelompok peserta didik dapat aktif berkolaborasi dalam membuat diagram batang.
D. Melalui mengerjakan lembar refleksi diri secara mandiri peserta didik dapat menyatakan kelebihan dan kekurangan dirinya selama proses pembelajaran dengan baik.
E. Melalui kegiatan wawancara dengan teman tentang makanan kesukaan peserta didik dapat membuat tabel dari data-data yang telah dikumpulkan.
Jawaban (A.B,D,E)
10. Dalam rangkaian kegiatan pembelajaran, guru perlu memotivasi siswa untuk mengawali kegiatan pembelajaran di kelas. Salah satu indikator pencapaian Kompetensi Dasar di kelas II adalah "Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di sekolah", Aktivitas yang dapat dilakukan untuk membangkitkan motivasi siswa dapat berupa....
A. Guru meminta siswa untuk mewarnai aneka gambar terkait keberagaman di sekolah
B. Guru menampilkan video berisi keberagaman yang ada di sekolah dan meminta siswa untuk menyebutkan beberapa keberagaman yang ada di video
C. Guru meminta siswa untuk menyebutkan karakteristik masing-masing sehingga teman-teman dapat saling memahami
D. Guru bertanya tentang apa saja keberagaman yang ada di sekolah
E. Guru menyampaikan manfaat mempelajari keberagaman di sekolah
Jawaban: B
11. Kegiatan-kegiatan berikut yang dapat dilakukan pada kegiatan inti pembelajaran di kelas 1 untuk indikator memerlukan kosakata tentang anggota tubuh serta perawatannya melalui teks pendek adalah...
A. Siswa mengamati video tentang gangguan yang dapat terjadi pada bagian-bagian tubuh dan menuliskan kosakata yang ditemukan B. Siswa membaca dan menemukan kosakata tentang cara merawat anggota tubuh dengan benar
C. Siswa bernyanyi tentang anggota tubuh yang sudah disiapkan dalam bacaan
D. Siswa mengamati bacaan dan menggambar anggota-anggota tubuh
E. Siswa berdiskusi tentang merawat anggota tubuh yang sakit setelah melihat video
Jawaban: B