Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : 35 Soal Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 1 Beserta Jawaban
Advertisement . Scroll to see content

50 Contoh Soal PPPK Guru, Lengkap dengan Jawabannya

Senin, 04 November 2024 - 07:36:00 WIB
50 Contoh Soal PPPK Guru, Lengkap dengan Jawabannya
Contoh Soal PPPK Guru (foto: freepik)
Advertisement . Scroll to see content

19. Seorang guru melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi strategi pembelajaran ....


A. Project based learning


B. Inquiry learning


C. Discovery learning


D. Kooperatif


E. Problem based learning


Jawaban: E.


20. Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru. Penyebabnya adalah sebagian materi dalam soal belum dipelajari oleh siswa. Materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya. Hal yang seharusnya dilakukan oleh guru saat menyusun soal tes pilihan ganda pada aspek materi adalah....


A. Soal harus sesuai dengan indikator


B. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas


C. Pilihan jawaban harus homogen dan logis


D. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama


E. Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya


Jawaban: A.


21. Seorang guru memberikan penugasan kepada peserta didik yang bertujuan mengukur kemampuan dalam menghasilkan karya tertentu dan dilakukan secara berkelompok. Maka itu, jenis penilaian otentik yang tepat adalah....


A. Penilaian kinerja


B. Penilaian portofolio


C. Penilaian proyek


D. Penilaian jurnal


E. Penilaian diri


Jawaban: C.


22. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang guru terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…


A. Guru harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah


B. Guru mengetahui cara mengevaluasi pembelajaran dengan media


C. Guru harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut


D. Guru harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah


E. Guru menyesuaikan dengan materi pembelajaran


Jawaban: C.


23. Dalam teori belajar Gagne, dikenal konsep 9 prinsip pembelajaran. Berikut adalah 9 prinsip pembelajaran gagne, kecuali....


A. Gain Attention (Mendapatkan Perhatian)


B. Inform Learners of the Objective (Menginformasikan Tujuan Pembelajaran)


C. Stimulate Recall of Prior Knowledge (Memancing Ingatan tentang Materi Sebelumnya)


D. Provide Guidance (Memberikan Bimbingan)


E. Constructive Learning (Pembelajaran Konstruktif)


Jawaban: E.


24. Edward Lee Thorndike (1874-1949) termasuk tokoh yang turut mengembangkan teori belajar behavioristik. Menurut dia, terdapat tiga hukum (prinsip) dalam proses belajar. Salah satu dari prinsip itu adalah....


A. law of readiness


B. law of attraction


C. law of learning


D. law of evaluation


E. law of studying


Jawaban: A.


25. Teori Konstruktivisme memungkinkan peserta didik bisa bebas mencari ilmu pengetahuan di bawah bimbingan dari guru. Berikut ini 5 asumsi dasar teori belajar konstruktivisme, kecuali...


A. Pengetahuan dibangun lewat pengalaman


B. Belajar adalah proses interpretasi individual mengenai kehidupan nyata


C. Belajar merupakan proses aktif yang pemaknaannya dapat ditelaah melalui pengalaman


D. Pertumbuhan konseptual tercipta lewat negosiasi makna dalam pembelajaran kolaboratif


E. Belajar dapat berlangsung dalam kondisi apa pun


Jawaban: E.


26. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan siswa memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah….


A. Menampilkan objek yang terlalu besar


B. Menampilkan objek yang sulit diamati


C. Membuat konkrit konsep yang abstrak


D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang


E. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar


Jawaban: C.


27. Menurut Howard Gardner, anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan (pendongeng/orator) maupun tertulis mempunyai kecerdasan...


A. Kecerdasan linguistic


B. Kecerdasan logical-mathematical


C. Kecerdasan spasial


D. Kecerdasan Gerak Tubuh


E. Kecerdasan emosional


Jawaban : A.


28. Menurut teori Jean Piaget, pada saat kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum bisa berpikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas, anak berada dalam tahap perkembangan....


A. Tahap sensorimotor


B. Tahap praoperasional


C. Tahap operasional konkret


D. Tahap operasional formal


E. Tahap operasional final


Jawaban: B.


29. Saat merancang pembelajaran, seorang guru ingin menyederhanakan konsep/prinsip /hukum yang kompleks sehingga bisa memperjelas penyajian pesan secara tertulis. Media yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut adalah....


A. Bagan


B. APE (Alat Permainan Edukatif)


C. Flip Chart


D. Foto


E. Gambar


Jawaban: A.


30. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut….


A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda


B. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi


C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai


D. Diberi soal serupa untuk memastikan tingkat keberhasilan belajar


E. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi


Jawaban: E.


31. Dorongan bersifat alamiah yang melekat pada diri tiap manusia termasuk siswa disebut..


A. Kodrat


B. Takdir


C. Naluri


D. Perangai


E. Bakat


Jawaban: C


32. Prinsip dalam penyusunan kurikulum yang harus menitikberatkan pada kesinambungan aspek, materi, dan bahan kajian dinamakan...


A. Efektivitas


B. Efisiensi


C. Kontinuitas


D. Relevansi


E. Fleksibilitas


Jawaban: C

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut