Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Ribuan Guru Madrasah Demo di Medan Merdeka Selatan, Tuntut Diangkat Jadi PPPK-ASN
Advertisement . Scroll to see content

50 Contoh Soal PPPK Guru, Lengkap dengan Jawabannya

Senin, 04 November 2024 - 07:36:00 WIB
50 Contoh Soal PPPK Guru, Lengkap dengan Jawabannya
Contoh Soal PPPK Guru (foto: freepik)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Contoh Soal PPPK Guru berikut ini bisa dipakai untuk latihan dan belajar peserta menjelang seleksi kompetensi. Dengan mempelajari berbagai bentuk soal, nantinya peserta dapat mengerjakan soal-soal dengan baik dan benar. 

Adapun, salah satu materi yang diujikan pada Seleksi Kompetensi PPPK Guru adalah tes kompetensi teknis. Pada kali ini, terdapat beberapa contoh soal PPPK Guru Kelas kompetensi teknis khusus untuk pelamar formasi Guru Kelas. 

Melansir berbagai sumber, Minggu (3/11/2024), berikut contoh soal PPPK Guru yang bisa dipelajari. 

Contoh Soal PPPK Guru

1. Pada setiap akhir evaluasi, dimungkinkan ada siswa yang prestasi belajarnya belum memenuhi ketuntasan, sehingga guru perlu melakukan remedi. Dasar rancangan program remidi bagi siswa yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar, yakni....


A. Proses Pengajaran Remedial Pada Dasarnya Adalah Proses Belajar Mengajar Biasa


B. Tujuan Pengajaran Remedial Adalah Sama Dengan Tes Diagnostik


C. Sasaran Terpenting Pengajaran Remedial Adalah Peningkatan Kecerdasan Siswa


D. Strategi Yang Dipilih Hanya Berbentuk Tes Ulang


E. Agar prestasi sekolah menjadi meningkat


Jawaban: C.


2. Dalam kegiatan penilaian otentik banyak model yang dapat digunakan. Pada suatu penilaian seorang guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu. Bentuk penilaian otentik tersebut merupakan contoh penilaian otentik berbentuk....


A. Penilaian proyek


B. Penilaian kinerja


C. Penilaian portofolio


D. Penilaian antar teman


E. Penilaian diri


Jawaban: B.


3. Seorang guru harus menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/Kriteria Belajar Minimal (KBM). Berikut merupakan fungsi KKM/KBM, kecuali....


A. Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran


B. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran


C. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah


D. Untuk bahan laporan dan kelengkapan administrasi sekolah


E. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.


Jawaban: E.


4. Salah satu prinsip yang penting dipahami guru dalam merancang program remedial bagi siswa yaitu tampak dalam kegiatan....


A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial


B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa


C. Menurunkan standar ketuntasan belajar


D. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.


E. Merancang tes ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi


Jawaban: D.


5. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!


(1) Mengorganisasi siswa dalam belajar


(2) Orientasi siswa pada masalah


(3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok


(4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya


Mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....


A. 1-2-3-4


B. 1-3-2-4


C. 2-3-1-4


D. 3-2-1-4


E. 2-3-1-4


Jawaban: C.


6. Urutan tahapan yang tepat pada model pembelajaran kooperatif adalah...


A. Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok


B. Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi


C. Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok


D. Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, kuis


E. Orientasi, pengamatan, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok


Jawaban: A.


7. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/Kriteria Belajar Minimal (KBM). KKM/KBM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….


A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru


B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa


C. Daya dukung, tingkat kesulitan, dan kemampuan guru


D. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa


E. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa


Jawaban: D.


8. Siswa melakukan kegiatan dengan berpedoman pada langkah- langkah yang telah ditetapkan guru, yaitu mengamati fenomena sosial di sekitar sekolah. Hasil pengamatan ditulis menjadi laporan serta didiskusikan bersama guru dan teman sekelas. Langkah ini merupakan strategi pembelajaran....


A. Discovery


B. Heuristik


C. Pemecahan Masalah


D. Belajar Aktif


E. Projek Based Learning


Jawaban: A.


9. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pernyataan berikut ini yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah...


A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK


B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran


C. Semua media pembelajaran sama cara pemanfaatannya


D. Media dapat dipakai sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran


E. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan


Jawaban: D.


10. Faktor yang penting dipertimbangkan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah pada proses pembelajaran adalah....


A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi


B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan


C. Jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran


D. Motivasi belajar siswa


E. Ruang yang tersedia


Jawaban: B


11. Seorang guru mengajak siswa melakukan kunjungan ke suatu lembaga, tetapi sesampai di lembaga tersebut belum ada petugas dan narasumber yang melayani. Untuk mengisi kekosongan waktu guru tersebut memulai pembelajaran dengan memilih menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, pertimbangan guru memilih strategi tersebut, yaitu....


A. Waktu belajar cukup banyak


B. Sumber belajar hanya dimiliki pendidik


C. Sedikitnya jumlah guru


D. Ruang kelas yang terbatas


E. Tidak ada sumber belajar dan media pembelajaran


Jawaban: B.


12. Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat ketika mengikuti diskusi kelompok. Guru tersebut membuat lembar daftar cek (check list) dalam bentuk skala yang harus diisikan oleh siswa untuk menilai teman kelompoknya. Jenis penilaian otentik-holistik yang dapat dipilih oleh guru tersebut adalah....


A. Penilaian kinerja


B. Penilaian proyek


C. Penilaian portofolio


D. Pertanyaan terbuka


E. Penilaian diri


Jawaban: A.


13. Setiap kali diakhir pembelajaran seorang guru akan melakukan proses penilaian. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar siswa, manakah yang pertama kali harus dipelajari....


A. Buku sumber yang digunakan


B. Kurikulum dan silabus


C. Karakteristik siswa


D. Indikator pencapaian kompetensi


E. Kemampuan awal siswa


Jawaban:D.


14. Di sekolah, seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja. Hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar bisa mengembangkan kecerdasan....


A. Naturalis


B. Kinestetis


C. Visual spasial


D. Verbal linguistic


E. Logis matematis


Jawaban: A.


15. Seorang guru senior mengajar siswanya dengan metode diskusi dan menggunakan media gambar yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Pada awal semester baru, 70% siswa di kelas tersebut diketahui memiliki preferensi belajar kinestetik. Akibatnya, mereka tidak fokus saat pembelajaran dan diskusi berlangsung. Siswa lebih senang jika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dari kasus tersebut strategi pembelajaran yang paling tepat dipilih guru adalah....


A. Kooperatif


B. Project based learning


C. Kontekstual


D. Inquiry


E. Discovery


Jawaban: B.


16. Seorang Guru mencari materi dan media dari internet saat menyusun rencana pembelajaran. Materi dan media tersebut akan disampaikan pada proses pembelajaran dengan maksud agar siswa tidak mengalami kesulitan memahami pelajaran. Langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang Guru saat memilih materi pelajaran?


A. Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator


B. Menganalisis potensi peserta didik; relevansi dengan karakteristik daerah; dan struktur keilmuan


C. Menyesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik


D. Melihat kebermanfaatan bagi peserta didik; aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran


E. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, alat dan sumber bahan, dan alokasi waktu


Jawaban: A.


17. Modul projek dilengkapi komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunannya serta dibutuhkan untuk kelengkapan pelaksanaan pembelajaran. Berikut adalah sejumlah komponen Modul Projek, kecuali....


A. Dimensi dan sub elemen dari Profil Pelajar Pancasila yang berkaitan


B. Relevansi tema dan topik projek untuk satuan pendidikan


C. Pengayaan dan remedial


D. Refleksi peserta didik dan pendidik


E. Alur Tujuan Pembelajaran


Jawaban: E.


18. Seorang guru merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di rencana pembelajaran (RPP/Modul Ajar). Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa. Maka jenis evaluasi yang tepat dipilih oleh guru adalah....


A. Evaluasi formatif


B. Evaluasi sumatif


C. Evaluasi selektif


D. Evaluasi diagnostik


E. Evaluasi penempatan


Jawaban: B.


19. Pada proses pembelajaran seorang guru ingin melakukan penilaian terhadap perilaku siswa, maka Instrumen yang digunakan dalam proses pembelajaran tersebut adalah….


A. Pedoman observasi


B. Kuesioner


C. Tes tulis


D. Pedoman wawancara


E. Tes hasil belajar


Jawaban: A.


20. Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa, yang belum tuntas sejumlah 15 sehingga harus mengikuti program remedial. Adapun sejumlah 15 orang yang dinyatakan tuntas mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara....


A. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut


B. Diberikan bahan ajar berupa modul


C. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial


D. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya


E. Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa


Jawaban: A.


21. Seorang guru ingin melakukan penilaian portofolio dalam proses pembelajaran. Maka Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara....


A. Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa


B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif tiap siswa


C. Memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah


D. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar


E. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajaran dan tes remedial


Jawaban: D.


22. Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan dihubungkan dengan situasi kehidupan sehari-hari sehingga mendorong peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan mereka. Maka itu, pilihan strategi pembelajaran yang tepat adalah....


A. Kooperatif


B. Inkuiri


C. Problem solving


D. Discovery


E. Kontekstual


Jawaban: E.


23. Di sebuah rancangan pembelajaran, tertulis contoh rumusan indikator kompetensi yaitu “menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras.” Jika seorang guru akan menyusunnya menjadi tujuan pembelajaran, rumusan yang tepat adalah....


A. Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output


B. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar


C. Siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output secara benar


D. Menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras komponen input, proses dan output tanpa melihat catatan


E. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, materi kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar tanpa melihat catatan.


Jawaban: B.


24. Ketika menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Unggas, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendefinisikan hewan unggas, mengelompokan, hingga membedakan jenis-jenis unggas. Pilihan strategi pembelajaran untuk menjelaskan materi tersebut adalah strategi pembelajaran deduktif. Sesuai tujuan dan strategi pembelajaran itu, jenis ragam pengetahuan yang disampaikan adalah....


A. Fakta


B. Prosedur


C. Keterampilan


D. Konsep


E. Prinsip


Jawaban: D.


15. Jika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru merupakan strategi pembelajaran....


A. Projek based learning


B. Kontektual


C. Discovery Learning


D. Problem Based Learning


E. Inquiry learning


Jawaban: A.


16. Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat, adalah....


A. Mengelompokan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa


B. Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa


C. Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa


D. Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa


E. Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan


Jawaban: E.


17. Pada akhir pembelajaran, siswa diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar yang diberikan guru dengan tujuan agar siswa tersebut mengaplikasikan kemampuan serta keterampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya. Instrumen yang dapat dipilih oleh guru untuk merekam hasil belajar adalah....


A. Daftar cek (checklist)


B. Benar salah (true false)


C. Pilihan ganda (multiple choice)


D. Menjodohkan (matching)


E. Jawaban bebas (Completion test)


Jawaban: A.


18. Dari hasil penilaian akhir yang disusun oleh seorang guru, diketahui bahwa beberapa siswa telah memenuhi ketuntasan belajar, tetapi ada juga murid yang belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Berdasarkan kasus tersebut, guru dapat melakukan tindak lanjut hasil penilaian yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal. Berikut merupakan pemanfaatan hasil penilaian oleh Guru, kecuali...


A. Memperbaiki program pembelajaran


B. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah


C. Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi


D. Mengadministrasikan hasil penilaian


E. Menyusun laporan hasil penilaian


Jawaban: D.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut