7 Buku tentang BJ Habibie, Nomor 5 Kisahkan Detik-Detik Paling Menentukan

Ilma De Sabrini, Aditya Pratama ยท Sabtu, 21 September 2019 - 09:44 WIB
7 Buku tentang BJ Habibie, Nomor 5 Kisahkan Detik-Detik Paling Menentukan

Kisah hidup dan pemikiran Presiden ke-3 RI BJ Habibie banyak ditulis dalam buku. (Foto: istimewa).

JAKARTA, iNews.id – Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie telah pergi menghadap Sang Pencipta. Namun, kenangan tentang sosok dan keteladannya hidup dalam benak masyarakat Indonesia.

Presiden Joko Widodo menyebut BJ Habibie sebagai negarawan sejati. Mantan menteri negara riset dan teknologi itu selalu mengingatkan bahwa ilmu pengetahuan, iman dan takwa harus menyatu, tidak bisa dipisahkan.

”Selamat jalan Mr Crack, selamat jalan Sang Pionir. Kami akan selalu ingat pesanmu, jangan terlalu banya diskusi, jangan cengeng, tapi terjunkan diri ke proses nilai tambah secara konsisten, pasti Indonesia akan terkemuka di Asia Tenggara dan di dunia," ujar Jokowi saat memimpin upacara pemakaman BJ Habibie di TMPN Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).” kata Jokowi.

BACA JUGA: PWI Anugerahi BJ Habibie Gelar Bapak Kemerdekaan Pers Indonesia

BJ Habibie wafat di RSPAD pada Rabu (11/9/2019) petang pukul 18.05 WIB. Mantan Kepala BPPT itu sebelumnya dirawat karena usia menua. Habibie berpulang dalam usia 83 tahun.

Kenangan tentang Habibie tidak hanya lekat dalam hati keluarga, sahabat, kolega maupun masyarakat Indonesia, namun akan selalu abadi. Sepak terjang ilmuwan jenius penemu teori keretakan pesawat itu telah terpatri dalam berbagai buku.

Kisah hidup, cinta, keteladanan dan pemikiran tentang BJ Habibie bertebaran dalam ratusan buku, jurnal maupun esai. Mereka yang mengguratkan cerita itu mulai dari akademisi, jurnalis hingga penulis buku.

Berikut 7 di antaranya:

1. Habibie & Ainun.
Habibie & Ainun merupakan buku karya almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie yang diterbitkan pada 2010. Buku ini mengisahkan perjalanan cinta dan kehidupan Habibie dan istrinya, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie.

Buku ini kemudian diangkat dalam film layar lebar yang dibintangi Reza Rahadian sebagai Habibie dan Bunga Citra Lestari (BCL) sebagai Ainun. Premiere film ini disaksikan BJ Habibie, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Gubernur DKI Jakarta saat itu, Joko Widodo.

2. Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner.
Buku karya Gina S Noer ini terbit pada 12 Oktober 2015. Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner mengisahkan tentang perjalanan BJ Habibie ketika masih anak-anak, remaja dan masa-masa pendidikan awal di Jerman atau dalam rentang 1936 hingga 1962.


3. Habibie, Soeharto dan Islam.
Buku ini ditulis jurnalis Republika Adian Husaini dan diterbitkan Gema Insani Press pada 1 Januari 1995. Buku setebal 101 halaman ini banyak mengupas hubungan Habibie dengan Presiden ke-2 RI Soeharto serta mengaitkannya dengan Islam. Adian banyak menggali dari tokoh-tokoh Islam, termasuk dari ICMI.

4. Setengah Abad Prof Dr Ing BJ Habibie: Kesan & Kenangan.
Buku karya Andi Makmur Makka ini diterbitkan oleh
Cipta Kreatif bekerja sama dengan Biro Hukum dan Humas BPPT pada 1986. Buku setebal 658 halaman ini bersampul biru dengan gambar Habibie. Makka juga menulis sejumlah buku lain tentang Habibie, misalnya The True Life of Habibie, Habibie: Kecil tapi Otak Semua hingga Mr Crack dari Parepare.


Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua