Adi Prayitno Sebut Ada 3 Variabel untuk Memperbaiki Kualitas Pemilu

Nur Khabibi ยท Jumat, 23 September 2022 - 18:44:00 WIB
Adi Prayitno Sebut Ada 3 Variabel untuk Memperbaiki Kualitas Pemilu
Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno dalam webinar Partai Perindo bertajuk "Beban Berat Mewujudkan Pemilu Berkualitas dan Bermanfaat". (Foto Perindo).

JAKARTA, iNews.id - Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno menyebut ada tiga variabel dalam upaya memperbaiki kualitas Pemilu di Indonesia. Pertama variabel penyelenggara pemilu. 

"Ada tiga variabel untuk Pemilu berkualitas," kata Adi Prayitno dalam webinar Partai Perindo bertajuk "Beban Berat Mewujudkan Pemilu Berkualitas dan Bermanfaat" pada Jumat (23/9/2022).

Dia mengatakan bahwa penyelenggara pemilu harus dipastikan mereka bersikap independent, profesional dan tidak partisan.

"Kita tentu berharap penyelenggara pemilu ini harus merasa dirinya sebagai lembaga yang seperti manusia setengah dewa. Yang nyaris tidak boleh genit, tidak boleh cawe-cawe ikut dalam pemenangan salah satu kandidat," ungkap Prayitno.

Ketika penyelenggara pemilu baik unsur dari KPU dan Bawaslu ikut dalam cawe-cawe urusan politik electoral, tentu kualitas demokrasi Indonesia akan sangat terancam.

"Makanya ini menjadi PR panjang karena salah satu instrumen kemenangan pemilu sering melibatkan oknum dari penyelenggara pemilu yang agak sedikit nakal," tegas dia.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda