Buronan Pengantar Sabu Komedian Nunung Ditangkap

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 07 Agustus 2019 - 19:32:00 WIB
Buronan Pengantar Sabu Komedian Nunung Ditangkap
Polisi menangkap pengantar sabu ke komedian Nunung. (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf)

JAKARTA, iNews.id - Polisi menangkap buronan jaringan pemasok sabu-sabu komedian Tri Retno Prayudati alias Nunung yakni K alias Kumis, si kurir narkoba. Sandiansyah alias Kumis alias K (36) ditangkap polisi bersama empat tersangka lainnya saat melakukan pesta narkoba pada acara musik di Kediri pada 3-4 Agustus 2019.

Kepala Unit 1 Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Jean Calvijn Simanjuntak mengungkapkan,
K merupakan orang yang mengantarkan sabu seberat 2 gram ke flyover Cibinong untuk diambil pengedar bernama Hadi Moheryanto alias Tabu yang kemudian diserahkan kepada Nunung.

K mendapat perintah mengantarkan sabu itu dari narapidana Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Bogor bernama Endang atau E yang sudah lebih dahulu ditangkap. "Faktanya saat kita tangkap K, ada empat tersangka lainnya di situ," kata Calvijn di kantornya, Rabu (7/8/2019).

Empat tersangka lainnya adalah Fajar Ali Paturohman (20), Dera Anggi Wigena (32), Dino Ananda Vironiko alias Bagong (19) dan Manik Lanang Palgunadi (29).

Menurut Calvijn, tersangka Fajar, Dera, Bagong, dan Lanang hanya berperan menggunakan sabu secara bersama, melakukan permufakatan jahat dengan cara mengambil sabu 28 gram atas perintah Kumis dan menyimpan sabu yang sedang dicari serta membantu Kumis melarikan diri.

"Namun keempat tersangka itu belum kita temui kaitannya dengan barang yang ada di NN," ujarnya.

Calvijn menjelaskan, sebelum penangkapan, polisi sempat mencurigi para tersangka menjual narkoba di acara musik pada Sabtu, 3 Agustus 2019 malam, di kawasan Trenggalek, Jawa Timur. Setelah diinterogasi, mereka mengaku hanya akan menggunakan 28 gram sabu dan 12 gram ganja kering itu sendiri, atau tidak untuk dijual.

Calvijn menjelaskan, K yang merupakan buron dalam kasus Nunung awalnya diciduk di sebuah kamar kos di Jalan KH. Agus Salim, Trenggalek bersama Fajar dan Dera. Saat itu ketiganya sedang menggunakan sabu.

Polisi menangkap pengantar sabu ke komedian Nunung. (Foto: iNews.id/Irfan Ma'ruf)

Setengah jam kemudian, Dino dan Manik datang ke kosan tersebut dan langsung ditangkap polisi. Mereka berdua baru saja pulang usai mengambil narkoba di rumah Manik di Desa Pule, Trenggalek.

"Mereka membawa 28 gram sabu dan 12 gram ganja kering yang akan digunakan pas event itu," ujar Calvijn.

Pada Minggu 4 Agustus 2019 dini hari, polisi langsung bergerak ke rumah Manik di Desa Pule untuk melakukan penggeledahan. Di sana, polisi menemukan satu ransel berisi dua plastik sabu seberat 390 gram.

Polisi menangkap Nunung dan suaminya July Jan Sembiran beserta Tabu pada Jumat, 19 Juli 2019 di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Di rumah Nunung itu, polisi menyita sabu seberat 0,36 gram. Sedangkan sabu seberat 2 gram yang dipesan dari Tabu dibuang Nunung ke dalam kloset.

Nunung dan suami dijerat polisi dengan Pasal 114 Ayat 2 subsider Pasal 112 Ayat 2 juncto Pasal 132 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009. BNNP DKI Jakarta telah merokemendasikan Nunung dan suaminya direhabilitasi.

Polda Metro Jaya saat ini tengah meminta pertimbangan Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta terkait rekomendasi tersebut. Mengingat, penyidik telah melakukan pelimpahan tahap pertama ke jaksa yang berupa berkas perkara.

Editor : Djibril Muhammad