Cegah Hoaks Jelang Pemilu, Bawaslu Gandeng Kreator Konten

Felldy Utama ยท Jumat, 20 Mei 2022 - 13:15:00 WIB
Cegah Hoaks Jelang Pemilu, Bawaslu Gandeng Kreator Konten
Anggota Bawaslu, Lolly Suhenty. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berencana menggandeng konten kreator untuk menyebarkan literasi kepemiluan melalui platform digital. Langkah ini dianggap dapat mencegah penyebaran berita bohong yang terjadi dalam kontestasi pemilihan umum (Pemilu).

Anggota Bawaslu, Lolly Suhenty melihat, upaya yang selama ini dilakukan dengan cara mencabut atau men-take down konten hoaks tidaklah menyelesaikan akar persoalan. 

Cara itu hanya sebagai tindakan cepat. Dengan begitu, dibutuhkan konten edukasi kepemiluan.

"Kenapa berita hoaks menyebar, karena memang berita benar itu tidak tersebar. Maka itu, kita akan lakukan percepatan untuk menyebarkan berita benar tersebut," kata Lolly dikutip dari laman resmi Bawaslu, Jumat (20/5/2022).

Menurut Lolly, dengan memaksimalkan peranan anak muda dalam dalam memanfaatkan platform digital akan membuat demokrasi di Indonesia semakin baik. 

"Di tangan mereka bisa menahan informasi bohong dan bisa menyebarkan berita yang benar. Maka itu, salah satu fokus kami kali ini adalah memberdayakan jari teman-teman muda itu," ujarnya.

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa Bawaslu akan menggandeng berbagai platform baik itu Facebook, Twitter, Whatsapp, Instagram, dan platform digital lainnya untuk menyediakan informasi atau edukasi kepemiluan. 

Lebih dari itu juga dengan menyamakan perspektif, menyepakati alur kemudian memudahkan dalam percepatan kroscek data. 

"Harapannya ke depan tanggung jawab para platform sudah didorong sejauh itu dan saya berharap itu terjadi karena ini yang kita butuhkan," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda