Deretan Ilmuwan Penemu Teori Fenomena Alam, Ada Siapa Saja?

Mirsya Anandari Utami · Rabu, 17 Agustus 2022 - 18:56:00 WIB
Deretan Ilmuwan Penemu Teori Fenomena Alam, Ada Siapa Saja?
Ilustrasi fenomena alam

JAKARTA, iNews.id - Sampai saat ini, alam masih menyimpan banyak misteri yang tidak ada habisnya. Sejumlah ilmuwan terus mencari dan menggali informasi dari berbagai fenomena yang terjadi. 

Namun, beberapa dari mereka berhasil menemukan teori dari terjadinya fenomena alam yang dialami. Sebagian lagi berhasil mencetuskan teori dari sesuatu yang tidak pernah disadari sebelumnya. Siapa saja tokoh-tokoh penemu itu? 

Ilmuwan Penemu Teori Fenomena Alam

  • Al-Qarafi

Fenomena pelangi merupakan salah satu fenomena yang dinanti-nanti usai turunnya hujan. Selain menikmati keindahan pelangi, ada baiknya kita mengenal tokoh yang menemukan penjelasan di balik indahnya pelangi. Dialah Al-Qarafi, seorang ahli hukum asal Mesir yang menemukan teori pembentukan pelangi.

Al-Din Abu Al Abbas Ahmad Ibn Idris Al Sanhaji Al-Qarafi atau yang dikenal dengan Al-Qarafi telah banyak menulis karya ilmiah mengenai ilmu optik. Salah satu kitabnya, Al-Istibar fi ma Tudrikuhu Al-Abshar (Tentang Apa yang Dapat Ditangkap Oleh Mata), Al-Qarafi menjelaskan bagaimana pelangi bisa muncul.

Menurutnya, pelangi muncul dari asap (uap) yang bercampur dengan sinar matahari. Al-Qarafi juga menjelaskan bagaimana proses warna pelangi dapat tercipta dan aturan yang berlaku jika pelangi ingin terbentuk.

Editor : Puti Aini Yasmin

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda