Deretan Pesantren Terkenal Paling Mahal di Indonesia, Ada yang Iurannya Sampai Rp20 Juta!

septi kurnia ยท Selasa, 12 Juli 2022 - 16:20:00 WIB
Deretan Pesantren Terkenal Paling Mahal di Indonesia, Ada yang Iurannya Sampai Rp20 Juta!
Ilustrasi Sekolah Pesantren yang Terkenal Paling Mahal di Indonesia

Untuk pembelajaran bahasa asing, seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris, para santri diajarkan langsung dengan bahasa aslinya. Begitu pula dengan ilmu-ilmu agama Islam, diajarkan langsung dengan bahasa Arab.

Menariknya lagi, pesantren Darunnajah menawarkan berbagai fasilitas lengkap mulai dari kamar wisma full AC dan kamar mandi dalam, fasilitas olahraga yang lengkap, wisma untuk tamu, hingga kolam renang. Para santri yang mendaftar di pesantren ini akan dikenakan biaya yang terdiri dari uang pangkal, uang bulanan, serta uang perlengkapan untuk buku dan seragam.

Adapun, total biaya pendaftaran untuk jenjang MTS mencapai kisaran Rp21 juta. Sedangkan jenjang aliyah mencapai Rp22 juta, dengan biaya bulanan sekitar Rp1.300.000.

  • Pondok Pesantren Gontor

Pondok Pesantren Gontor merupakan salah satu sekolah pesantren yang terkenal paling mahal di Indonesia. Pesantren ini terletak di Ponorogo, Jawa Timur dan sekarang telah berubah nama menjadi Sekolah Pesantren Islam Modern Gontor karena modernisasi pendidikan Islam yang telah dilakukan.

Pondok pesantren yang menjadi contoh bagi pesantren lainnya di Indonesia ini telah menghasilkan banyak alumni yang berhasil dan sukses di lingkungan masyarakat. Karakteristik yang melekat dari pesantren ini adalah penggunaan bahasa Arab dan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Kurikulum yang diterapkan di Gontor adalah sistem pendidikan Kulliyyatu-l-Mu'allimin al-Islamiyyah (KMI) 6 tahun, setara dengan sistem SMP-SMA atau tsanawiyah-aliyah. Mata pelajaran yang diajarkan meliputi Bahasa Arab, Dirasah Islamiyah, Ilmu Keguruan dan Psikologi Pendidikan, Bahasa Inggris, Ilmu Pasti, IPA, IPS, dan keindonesiaan/kewarganegaraan.

Pondok Pesantren Gontor bercermin pada lembaga terkemuka di dunia, seperti Universitas Al-Azhar di Kairo, Aligarh Muslim University di India, Syanggit di Mauritania, dan Santiniketan di India. Sistem pendidikan di Gontor berorientasi untuk membentuk pribadi yang bertakwa, berakhlak karimah, dan dapat mengabdi kepada umat dengan penuh keikhlasan.

Sementara itu, untuk biaya pendidikan di sekolah pesantren yang terkenal paling mahal di Indonesia ini terdiri dari berbagai macam, seperti uang pangkal, penambahan bangunan baru, uang sumbangan pembangunan gedung, uang kesehatan, asrama, organisasi, buku, dan lain sebagainya. Total biaya tersebut berkisar Rp6,6 juta untuk santri putra dan Rp6,4 juta untuk santri putri.

Apakah kamu tertarik mendaftar di salah satu pondok pesantren tersebut?

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda