Dialog dengan Tokoh Agama Sulsel, Mahfud MD: Islam Itu Perjuangan Substansi, Bukan Formal Simbolis

Riezky Maulana · Sabtu, 21 Agustus 2021 - 12:00:00 WIB
Dialog dengan Tokoh Agama Sulsel, Mahfud MD: Islam Itu Perjuangan Substansi, Bukan Formal Simbolis
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. (Foto: Dok. Kemenko Polhukam).

JAKARTA, iNews.id  - Indonesia yang lahir dari ijtihad para ulama dinilai menjadi pembelajaran perjuangan Islam secara substansi, bukan perjuangan formal simbolis. Indonesia yang berdasarkan Pancasila merupakan negara kesepakatan tanpa memandang perbedaan suku dan agama. 

Pernyataan itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD saat mengikuti dialog virtual dengan tokoh lintas agama Sulawesi Selatan, Jumat (20/8/2021).

"Ibrahnya itu substantif. Persaudaraannya yang diperjuangkan, kedamaiannya, kesantunan dan kejujurannya. Itu merupakan satu cara dakwah yang baik," ujar Mahfud MD.

Dia menuturkan, Indonesia meski tidak pakai nama negara IslamIndonesia atau negara khilafah Indonesia, perjuangan subtansi ajaran Islam telah dilakukan sejak Indonesia berdiri.

"Meski tidak pakai nama negara Islam, kita perjuangkan substansinya pakai substansi ajaran Islam, persaudaraan antar sesama manusia. Islam itu agama kemanusiaan, tidak memandang agama apapun, semua adalah saudara sesama manusia," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: