Dongeng adalah Cerita Fiktif, Ini Penjelasan, Ciri-ciri dan Contohnya

Shabrina Saraya ยท Rabu, 21 September 2022 - 14:23:00 WIB
Dongeng adalah Cerita Fiktif, Ini Penjelasan, Ciri-ciri dan Contohnya
Ilustrasi dongeng adalah cerita khalayan

JAKARTA, iNews.id - Dongeng adalah salah cerita yang sering kita dengarkan sewaktu kecil. Cerita ini umumnya memang diperuntukkan untuk anak kecil, namun tak jarang pula dongeng ini ditujukan untuk masyarakat umum.

Apa yang Dimaksud dengan Dongeng dan Berikan Contohnya?

Dongeng adalah cerita fiktif, yaitu cerita yang tidak benar-benar terjadi. Cerita ini biasanya kita temui dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia sebagai pelajaran karya sastra. 

Mengutip buku “Menulis Dongeng Kreatif Sesuai Gaya Belajar Anak” karya Endah Kusumaningrum, dongeng menurut Wintarto (2012: 8-9) merupakan sebuah tradisi yang ada di Nusantara sejak zaman dahulu. Namun pada abad ke-19, barulah masyarakat Indonesia mulai menuliskan dongeng-dongeng yang ada.

Adapun menurut Sudjiman (1984: 20) dongeng merupakan cerita mengenai makhluk khayali. Makhluk khayali adalah tokoh yang bijaksana dalam dongeng dan memiliki berbagai cara untuk menghadapi kehidupan yang ada.

Sedangkan menurut Hana (2011: 14) dongeng merupakan karya sastra dari hasil imajinasi seorang penulis. Sedangkan cerita merupakan serangkaian peristiwa yang bisa jadi itu nyata atau khayalan. Jadi, dongeng sudah pasti cerita namun cerita belum tentu dongeng.

Editor : Puti Aini Yasmin

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda