Eks Pengawal Diduga Terima Rp300.000 dari Idrus Marham, KPK: untuk Beli Kopi

Ilma De Sabrini ยท Selasa, 16 Juli 2019 - 21:36 WIB
Eks Pengawal Diduga Terima Rp300.000 dari Idrus Marham, KPK: untuk Beli Kopi

Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif. (Foto: iNews.id/Dok.)

JAKARTA, iNews.id – Eks petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Marwan, diduga menerima uang sejumlah Rp300.000 dari terdakwa kasus suap yang juga mantan menteri sosial, Idrus Marham. Uang itu diterima Marwan saat menjalankan tugas mengawal Idrus ke Rumah Sakit MMC Jakarta, beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif mengatakan, berdasarkan keterangan Marwan, uang tersebut digunakan oleh yang bersangkutan untuk membeli kopi. “Kami belum sempat panggil pemberinya (Idrus) itu. Tetapi dua hari lalu, sudah ditanyakan. (Jawaban Marwan), ‘Betul Pak. Dipakai untuk apa beli kopi.’ Jadi, kalau lihat videonya agak jelas, saya lihat setelah itu dia (Marwan) pergi, Pak Idrus masih makan,” ujar Laode di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (16/7/2019).

Dari kejadian tersebut, kata dia, KPK berjanji bakal memperketat pengawalan terhadap tahanan. Laode juga mengatakan, pihaknya akan bertanggung jawab untuk membina para pengawal dan memperbaiki sistem pengawalan tahanan. “Kami memang akan meminta semua pejabat yang melakukan apa namanya bertanggung jawab untuk pembinaan dari pengawal tahanan itu untuk diperbaiki sistemnya, SOP diperbaiki,” ucapnya.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menuturkan, pihaknya telah meminta keterangan dan penggalian informasi terkait kasus Marwan kepada Pengawasan Internal (PI) KPK. Hasilnya, disimpulkan bahwa Marwan terbukti melanggar aturan dan Kode Etik KPK. Atas dasar itulah, KPK melakukan pemecatan alias pemberhentian secara tidak hormat terhadap Marwan.

“Pimpinan memutuskan Saudara M (Marwan), pengawal tahanan tersebut diberhentikan dengan tidak hormat karena terbukti melakukan pelanggaran disiplin sebagaimana yang diatur di peraturan tentang Kode Etik KPK dan aturan lain yang terkait,” kata Febri.

Editor : Ahmad Islamy Jamil