HUT Bhayangkara ke-74, Ini Pesan Ketua KPK

Riezky Maulana ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 19:04 WIB
HUT Bhayangkara ke-74, Ini Pesan Ketua KPK

Ketua KPK Firli Bahuri (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Komisi Pemberntasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri turut menyampaikan pesan pada peringatan Hari Bhayangkara ke-74 yang dirayakan oleh institusi Polri. Dia mengatakan, dalam pemberantasan korupsi, lembaga antirasuah KPK membutuhkan sinegritas antara KPK dan Polri.

Pria yang juga merupakan polisi aktif berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen) itu merasa bersyukur bahwasanya Polri kerap mengirimkan perwira terbaiknya kepada KPK. Dalam kerja-kerja anggota Polri di KPK, kata Firli, mereka tetap menjunjung tinggi pedoman Polri, yakni Tribrata dan Catur Prasetya. 

"KPK tidak dapat berdiri sendiri dalam menjalankan fungsi, tugas dan kewajibnya sebagai garda terdepan pemberantasan korupsi di Indonesia. Peran serta dan sinergitas seluruh elemen bangsa khususnya lembaga penegak hukum di negeri ini, termasuk dari Korps Bhayangkara, jelas sangat dibutuhkan KPK," kata Firli dalam keterangsn tertulisnya di Jakarta. Rabu (1/7/2020).

Dia menuturkan KPK dan Polri juga telah menyepakati tiga fokus isu yang nantinya dikerjakan bersama. Ketiga fokus isu itu, kata Firli merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2018, tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi.

Dia menjelaskan, fokus pertama adalah tentang bagaimana KPK dan Polri bersinergi dalam tata niaga dan pelayanan publik. Menurutnya, itu berdampak pada pemberantasan korupsi yang berhasil guna dan berdaya guna, akuntabel, serta transparan.

"Kedua tentang pengelolaan keuangan negara, dan yang ketiga, ihwal penegakan hukum dan reformasi birokrasi," ungkapnya.

Dirinya pun turut mengapresiasi langkah Polri yang melakukan berbagai kegiatan sosial serentak di seluruh Indonesia untuk membantu penanganan pandemi Covid-19. Firli menambahkan, momentum perayaan Hari Bhayangkara perlu dimaknai dalam upaya memberantas korupsi.

"Hari Bhayangkara seyogyanya juga diisi dengan aksi pemberantasan korupsi, sebagai bentuk pengabdian diri kepada ibu pertiwi. Semoga semangat Hari Bhayangkara yang memiliki nilai nilai suci penuh arti tanpa korupsi, selalu mewarnai tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara," ucapnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq