Ini Alasan GPMI Dukung Anies Baswedan Nyapres di 2024

Felldy Utama ยท Minggu, 16 Februari 2020 - 20:53 WIB
Ini Alasan GPMI Dukung Anies Baswedan Nyapres di 2024

Gubernur Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id – Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) menjadi salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas) yang menyatakan dukungan terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024. Salah satu pertimbangan para pengikut ormas memberikan dukungan adalah program kerja Anies dalam memimpin Ibu Kota.

Ketua GPMI Jakarta Raya, M Syarief Hidayatulloh menyampaikan, selama memimpin Jakarta banyak program kerja yang diusung mantan rektor Universitas Paramadina itu kini sudah banyak dirasakan oleh warganya. Sebagai contoh, kata dia, Anies sudah berusaha keras dalam menata kota sehingga wajah Jakarta pun semakin cantik.

“Iya, kalo program kerja sudah banyak dibuktikan di Jakarta. Program sudah berjalan semuanya, dan semuanya cepat kan gitu. (Misalnya) penataan kota Jakarta yang sudah dipercantik. Artinya Anies sudah bekerja semaksimal mungkin. Ini baru dua tahun sudah langsung terlihat, langsung dirasakan oleh warga Jakarta,” kata Syarief di Jakarta, Minggu (16/2/2020).

Tak hanya itu, kata Syarief, masih banyak program Anies yang sudah mulai terealisasi. Sebut saja integrasi transportasi publik yang mengalami kemajuan cukup pesat. Selain itu, dia melihat Anies sebagai sosok pemimpin yang dicintai oleh rakyatnya.

Oleh karenanya, Syarief berharap apa yang dilakukan Anies untuk Jakarta bisa terus dilanjutkan. “Itu dasarnya kan dari situ, kita berharap bisa dilanjutkan ke nasional,” ujarnya.

Di samping itu, Syarief menyampaikan, dukungan kepada Anies ini sebetulnya sudah menjadi salah satu rekomendasi dari Musyawarah Nasional (Munas) GPMI pada akhir November 2019 yang lalu di Jakarta. Dia menyebut rekomendasi tersebut diputuskan secara aklamasi oleh 29 tingkat provinsi yang hadir saat munas tersebut.

Menurut dia, dukungan GPMI terhadap Anies adalah biasa dan sah-sah saja. Hanya, dia mengaku bahwa partai politik yang memiliki kursi di DPR-lah yang berhak untuk mengusung seseorang untuk maju dalam ajang demokrasi lima tahunan itu.

“Itu kan secara konstitusional yang punya hak adalah partai yang punya perwakilan di DPR RI. Yang penting kan kita sebagai masyarakat mendukung, kami sudah merekomendasikan, kami juga akan menawarkan kepada partai-partai ini loh bagus nih orang, ini Gubernur yang bagus,” ucapnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil