JK: Jumlah Masjid di Indonesia Mengalami Kemajuan Luar Biasa

Antara ยท Senin, 28 Januari 2019 - 11:19 WIB
JK: Jumlah Masjid di Indonesia Mengalami Kemajuan Luar Biasa

Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id – Wakil Presiden sekaligus Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla, menyebut jumlah masjid di Indonesia saat ini mengalami kemajuan luar biasa. Kendati demikian, dia mengakui data tentang jumlah rumah ibadah umat Islam di Tanah Air masih variatif.

“Angka masjid di Indonesia hanya Tuhan yang tahu. Ada yang pidato bilang (jumlahnya) satu juta, pasti semua percaya saja. Saya selalu mengatakan 800.000, tapi mungkin juga satu juta, ini perkembangan luar biasa sekali,” ujar politikus yang akrab disapa JK itu saat membuka Rakornas Muslimat NU di Jakarta, Minggu (27/1/2019) malam.

Dia mengatakan, dengan jumlah masjid 800.000, setiap 225 orang muslim mulai dari bayi hingga dewasa setidaknya memiliki satu masjid. Faktanya, masjid kini ada di mana-mana, baik di perkantoran, sekolah, hingga pusat perbelanjaan atau mal.

JK pun menekankan, keberadaan masjid di pusat perbelanjaan dapat membuat pusat perbelanjaan itu menjadi semakin ramai, karena memudahkan kaum Muslim beribadah di sana. Menurut dia, tren semacam ini adalah kemajuan yang sangat membanggakan.

“Sekarang mal baru laku kalau ada masjid besar di atasnya, sehingga orang bisa Salat Jumat atau Salat Magrib disana. Kita bersyukur Indonesia mengalami perubahan dengan sangat baik,” ucapnya.

Masjid al-Azhar di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Foto: iNews.Dok.)

Editor : Ahmad Islamy Jamil