KBRI Kolombia Fasilitasi Pemulangan 1.000 ABK WNI

Rizki Maulana ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 10:00 WIB
KBRI Kolombia Fasilitasi Pemulangan 1.000 ABK WNI

Anak Buah Kapal Langsung di Rapid Test di Pelabuhan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bogota, Kolombia memfasilitasi kepulangan lebih dari 1.000 anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) ke Tanah Air. Para ABK WNI tersebut dipulangkan melalui Bridgetown dan Barbados melalui lima tahap.

Tahap pertama berlangsung pada tanggal 7 April 2020 dengan total 266 orang. Selanjutnya, tanggal 2 Mei 2020 ada 211 orang serta tanggal 11 Mei 2020 ada 33 orang yang dipulangkan.

Kemudian tanggal 12 Mei 2020, KBRI Bogota memfasilitasi pemulangan sebanyak 440 orang. Besoknya ada 203 orang yang kembali dipulangkan.

Para ABK WNI tersebut diketahui bekerja di berbagai kapal pesiar milik beberapa perusahaan di Amerika Serikat. Perusahaan itu menyediakan jasa pelayaran wisata di kawasan Karibia dan Atlantik. Duta Besar Republik Indonesia di Bogota, Priyo Iswanto menyatakan fasilitasi pemulangan ABK ini merupakan bentuk kepedulian Perwakilan Indonesia di luar negeri untuk melindungi para WNI.

"Dubes Priyo Iswanto menyampaikan terima kasih atas koordinasi yang sangat baik oleh semua pihak mulai dari perusahaan kapal yang telah menunjukkan tanggung jawab besar terhadap pemulangan ABK WNI, Pemerintah Barbados yang telah memfasilitasi pemulangan, berbagai perwakilan Republik Indonesia terkait, dan tim dari Pemerintah Pusat di Jakarta yang sangat berperan besar dalam proses pemulangan ini," tulis Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dilihat dari laman resminya, Kamis (21/5/2020).

Sebelum keberangkatan, setiap ABK diharuskan memenuhi protokol kesehatan yang dipersyaratkan. Setiap WNI yang akan pulang harus menjalani rapid test terlebih dahulu serta dilengkapi surat kesehatan untuk tindakan lebih lanjut setibanya di Indonesia.

Mereka harus mengenakan masker atau alat pelindung diri yang diperlukan selama berada di perjalanan. Hal itu dilakukan mulai dari turun dari kapal, lalu menuju ke bandara dan pesawat, hingga berada di dalam pesawat.

Setibanya di Indonesia, para ABK WNI ini akan menjalani karantina wajib selama 14 hari dan kembali menjalani pemeriksaaan kesehatan yang ketat. Pemeriksaan itu dilakukan sebelum para ABK WNI itu diizinkan untuk kembali ke keluarganya masing-masing.

Pemulangan daripada ABK WNI ini dilakukan dengan pesawat sewaan. Rute yang dilalui adalah Madrid, Lisbon, Athena, dan Tbilisi, selanjutnya menuju Jakarta serta Bali.

KBRI Bogota terus memantau perkembangan situasi terkini, serta membantu para WNI yang berada di wilayah sekitar Kolombia, Antigua dan Barbuda, St. Kitts dan Nevis serta Barbados saat masa pandemi virus corona (Covid-19) seperti saat ini.

"Hingga saat ini tidak tercatat ada WNI di wilayah Kolombia, Antigua dan Barbuda, St. Kitts dan Nevis serta Barbados yang terkena Covid-19," tulis Kemlu.

Editor : Rizal Bomantama