Kemenag Siapkan Rp311 Miliar untuk Cegah Corona

Antara ยท Senin, 23 Maret 2020 - 15:31 WIB
Kemenag Siapkan Rp311 Miliar untuk Cegah Corona

Plt Sekjen Kemenag Nizar Ali. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan anggaran Rp311 miliar untuk membantu penanganan penyebaran virus corona atau covid-19. Dana tersebut berasal dari APBN dan non-APBN.

"Alokasi anggaran ini bagian dari keprihatinan dan kepedulian kita dalam mencegah penyebaran COVID-19," kata Plt Sekjen Kemenag Nizar Ali kepada wartawan di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Alokasi anggaran tersebut, dia mengungkapkan, berdasarkan kesepakatan dalam rapat bersama para sekretaris Ditjen dan pejabat eselon II Setjen Kemenag.

Nizar memaparkan, anggaran yang bersumber dari APBN akan diambil dari tiga komponen pokok, yaitu perjalanan dinas luar negeri, perjalanan dinas dalam negeri serta anggaran perjalanan yang ada dalam kegiatan-kegiatan.

Sedangkan anggaran non-APBN bersumber dari bantuan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Badan Wakaf Indonesia (BWI).

"Kemarin kita sudah menyalurkan Rp5 miliar, Rp3 miliar untuk Rumah Sakit Haji dan Rp2 miliar untuk Rumah Sakit Syarif Hidayatullah, Jakarta," ujar Nizar.

Kemenag, menurut dia, sudah membentuk Posko Bencana yang akan menggalang bantuan dari ASN Kemenag dan masyarakat.

Kepala Biro Perencanaan Setjen Kemenag Ali Rokhmad mengatakan alokasi anggaran yang ada akan digunakan antara lain untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) dan Rapid Test bagi pejabat dan pegawai Kementerian Agama.

Selain itu, Nizar menambahkan, dana untuk biaya penyemprotan disinfektan kantor, dukungan penyelenggaraan Work From Home (WFH) serta membantu keluarga Kemenag yang terdampak covid-19.

Editor : Djibril Muhammad