Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha, Perwira Kopassus Lulusan Terbaik Sesko TNI 2020

Riezky Maulana · Jumat, 04 Desember 2020 - 05:05:00 WIB
Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha, Perwira Kopassus Lulusan Terbaik Sesko TNI 2020
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan selamat kepada Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha, lulusan terbaik Sesko TNI 2020, Kamis (3/12/2020). (Foto: Puspen TNI).

JAKARTA, iNews.id – Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha menorehkan prestasi. Mantan ajudan Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla tersebut menjadi lulusan terbaik Pendidikan Reguler Sesko TNI Angkatan XLVII  TA 2020.

Pada upacara penutupan Dikreg Sesko TNI yang dipimpin Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Edwin diganjar penghargaan dan trofi “Wira Adi Nugraha”. Penghargaan diserahkan Panglima kepaa abituren (lulusan) Akademi Militer 1997 tersebut di Ruang Hening, Gedung Soedirman, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (3/12/2020). 

Upacara digelar secara virtual karena di tengah pandemi Covid-19. Pelaksanaan upacara di Mabes TNI diwakili oleh empat Perwira Siswa (Pasis) Sesko TNI, sementara Pasis yang lainnya mengikuti upacara secara virtual di Sesko TNI Bandung, Jawa Barat. 

Selain Edwin, Panglima juga memberikan penghargaan kepada Kombes Pol Ahmad Yusep sebagai Lulusan Terbaik dari Polri dan Kolonel Pnb Andreas A Dhewo sebagai Penulis Karya Tulis Terbaik.

Panglima TNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai pusat keunggulan, Sesko TNI menjadi kawah candradimuka bagi kader-kader pemimpin TNI dan Bangsa. Lulusan Sesko TNI hendaknya terus mengembangkan kemampuan diri serta membangun sinergi dalam menyikapi dinamika lingkungan strategis.

“Semangat integratif ini harus terus dipelihara dan dijaga untuk memantapkan sinergi TNI-Polri sebagai pilar bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Saya ingin menyampaikan apresiasi atas partisipasi para perwira Polri di Sesko TNI,” kata Panglima.

Dikreg ke-47 Sesko TNI TA 2020 yang berlangsung selama tujuh bulan, diikuti oleh 170 Pamen Senior sebagai Pasis dari berbagai matra.  Pamen TNI AD (74 Pasis), Pamen TNI AL (39 Pasis), Pamen TNI AU (36 Pasis), Pamen Polri (17 Pasis) dan 4 Pasis dari negara-negara sahabat (1 Pamen AD Filipina, 1 Pamen AU India, 1 Pamen AU Pakistan, dan 1 Pamen AD Singapura).

Ditempa Kopassus

Lahir di Jakarta, 23 Oktober 1975, Edwin merupakan perwira menengah TNI AD yang lahir dan besar di pasukan elite Kopassus. Di Korps Baret Merah itu mantan Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) Jakarta Pusat ini pernah mengemban berbagai tugas.

Selepas dari Lembah Tidar, Magelang, dia menjadi perwira pertama Kopassus. Selanjutnya menjadi Dantim 4 Den 2 Yon 33 Grup 3 Kopassus, Kaur Siapsat Sops Kopassus, dan Pa Intel Sintel Grup 3 Kopassus.

Editor : Zen Teguh