KPK Periksa HP di Sel Imam Nahrawi, Diduga Digunakan Beberapa Tahanan

Rizki Maulana ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 21:05 WIB
KPK Periksa HP di Sel Imam Nahrawi, Diduga Digunakan Beberapa Tahanan

Imam Nahrawi (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan telah menyelesaikan pemeriksaan forensik terhadap handphone yang ditemukan di dalam rumah tahanan (Rutan) yang diduga milik mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Imam Nahrawi merupakan terdakwa kasus suap penyaluran dana hibah Kemenpora kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tahun 2018.

Pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, dari hasil pemeriksaan isi dari handphone tersebut, KPK menemukan beberapa file di dalamnya. Namun, Ali tak mendetilkan apa saja isi file tersebut.

"Pihak Rutan KPK sudah mendapatkan hasil pemeriksaan dari bagian Digital Forensik KPK. Saat ini masih dilakukan pendalaman lebih lanjut mengenai isi beberapa file dalam handphone tersebut," kata Ali kepada wartawan di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Dia menuturkan, KPK belum dapat memastikan siapa pemilik handphone tersebut. Menurutnya, handphone yang ditemukan juga digunakan oleh beberapa orang tahanan, bukan hanya Imam seorang.

"Hasil penelusuran sementara ini belum diketahui secara pasti kepemilikan handphone tersebut karena diduga dipakai oleh beberapa tahanan," tuturnya.

Sebelumnya, KPK mengusut unggahan status WhatssApp dari Imam Nahrawi. Status Imam diunggah di akun Whatsappnya pada tanggal 5 Maret 2020 beserta dengan foto saat yang bersangkutan melaksanakan ibadah haji bersama sang ibu tahun lalu.

"Kenanganan haji tahun kemarin setelah antre selama 7 th... Haji reguler mendampingi ibunda tercinta dan bibinda yg lemah... smg semua sahabat muslim Allah mudahkan untuk bisa ziarah makkah dan madinah lilhajji wal umroh secepatnya. amiiiin alfaatihah," tulis status tersebut.

Sementara itu, KPK tidak tinggal diam dan langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak). Saat dilangsungkan sidak, KPK menemukan handphone tersebut telah dalam kondisi tidak aktif.

"Hari Jumat (6/3/2020) petugas sidak ke dalam rutan dan saat itu memang menemukan ada alat bukti elektronik berupa handphone yang sudah mati," ujar Ali di Gedung KPK, Selasa (10/3/2020) malam.

Ali menuturkan, setelah mendapatkan barang bukti, Imam Nahrawi langsung diperiksa oleh petugas rutan. Saat itu Imam Nahrawi menyangkal menggunakan handphone dan mengunggah foto tersebut di status akun Whatsappnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq