Mahfud MD: Soal Perppu KPK, Presiden Jokowi Menunggu Hasil Uji Materi di MK

Wildan Catra Mulia ยท Selasa, 05 November 2019 - 17:17 WIB
Mahfud MD: Soal Perppu KPK, Presiden Jokowi Menunggu Hasil Uji Materi di MK

Menteri Kordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Kordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengungkapkan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga saat ini belum mengeluarkan Perppu KPK. Menurut dia, Presiden sedang menunggu hasil uji materi (judicial review) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Mahfud mengatakan, pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin mendukung Perppu KPK. Namun, ada sebagian kelompok masyarakat yang menilai Presiden tidak perlu mengeluarkan perppu karena tidak ada unsur kedaruratan.

"Nah, semua masukan itu disampaikan ke presiden dan presiden sekarang sudah memutuskan belum diperlukan Perppu karena apa? karena sudah ada judicial review," katanya di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Mahfud mengatakan, Presiden menilai tidak etis jika uji materi masih berproses di MK tapi di sisi lain Pemerintah menerbitkan Perppu KPK. Dia meminta masyarakat bersabar menunggu uji materi UU KPK yang baru tersebut.

"Menurut presiden ya dan kita harus hargai pendapat presiden. Menurut presiden ya rasanya kok etika bernegara-nya kurang, orang sedang judicial review lalu kita timpa Perppu. Artinya apa? presiden dan itu belum memutuskan mengeluarkan perppu atau tidak mengeluarkan Perppu," tuturnya.

Mantan ketua MK ini mengatakan ada tiga alternatif untuk memastikan tak ada kelemahan dalam UU KPK baru. Tiga alternatif itu adalah legislatif review, judicial review dan Perppu KPK. Mahfud berharap apapun yang menjadi pilihan presiden nantinya dapat memuaskan semua pihak.

"Presiden menyatakan belum perlu mengeluarkan Perppu. Saya sudah bicara dengan presiden gitu. Biarlah diuji dulu di MK nanti sesudah MK kita pelajari apakah putusan MK itu memuaskan atau tidak, benar atau tidak, kita evaluasi lagi kalau perlu, perppu ya kita lihat, kan gitu, kan benar kan, kan masih ada uji materi sekarang," katanya.

Diketahui, sidang perdana uji materi terhadap revisi Undang-Undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK telah digelar pada Senin, 30 September 2019. Uji materi diajukan 18 mahasiswa.


Editor : Djibril Muhammad