Petugas Lapas Diusulkan Masuk Prioritas Vaksin Covid-19

Felldy Utama · Sabtu, 16 Januari 2021 - 15:07:00 WIB
Petugas Lapas Diusulkan Masuk Prioritas Vaksin Covid-19
Penjara (Foto: Ilustrasi AFP)

JAKARTA, iNews.id - Program Vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah mulai dilakukan secara massal dan gratis. Institute For Criminal Justice Reform (ICJR) menyoroti bahwa menyoroti warga binaan permasyarakatan (WBP) dan petugas rutan/lapas belum masuk sebagai kelompok prioritas dalam program vaksinasi tersebut.

"Petugas rutan/lapas maupun Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) belum mendapatkan perhatian yang serius dalam program Vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi corona virus Disease 2019 (Covid-19) tersebut," kata ICJR dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Sabtu (16/1/2021).

Pada tahapan kedua pelaksanan vaksinasi Covid-19 pemeritah disebutkan ditujukan untuk petugas pelayanan publik, ICJR menilai harus dipastikan pada prioritas kedua ini juga menjangkau petugas dalam setting tertutup seperti dalam Rutan dan Lapas di Indonesia. 

Lalu yang juga tak boleh dilupakan, warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau penghuni rutan dan lapas di Indonesia termasuk di tempat-tempat penahanan bukan rutan/lapas harus juga menjadi bagian dari prioritas pemberian vaksin, tidak hanya untuk petugas.

"Karena baik petugas pelayanan pemasyarakatan maupun WBP-nya sangat berisiko tinggi terinfeksi dan menularkan Covid-19 kepada komunitas dan populasi yang lebih umum," ujarnya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Halaman : 1 2