Polri Bentuk Tim Pencari Harun Masiku

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 24 Januari 2020 - 18:11 WIB
Polri Bentuk Tim Pencari Harun Masiku

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Argo Yuwono. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Polri membentuk tim pencari tersangka dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI sekaligus eks caleg PDIP, Harun Masiku. Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut penetapan Harun Masiku dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Kami bentuk tim untuk mencarinya. Nanti perkembangannya akan kami sampaikan, kalau semua dikasih tahu semua bisa kabur dia," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Argo Yuwono di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2020).

Dia mengatakan Polri terus berkoordinasi dengan penyidik KPK untuk menangkap Harun Masiku. "Kami terus bantu KPK untuk mencari yang bersangkutan. Kami kerja terus," ucapnya.

BACA JUGA: Komisioner KPU Hasyim Asy'ari Dipanggil KPK terkait Kasus PAW Caleg PDIP Harun Masiku

BACA JUGA: Imigrasi Akhirnya Akui Harun Masiku Sudah Ada di Indonesia sejak 7 Januari

Sebelumnya, Ditjen Imigrasi Kemenkumham mengatakan Harun Masiku berada di Indonesia pada 7 Januari 2020. Padahal tanggal 6 Januari 2020 yang bersangkutan dinyatakan berada di Singapura.

Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Ronny F Sompie mengakui terdapat keterlambatan waktu (delay time) dalam proses data perlintasan di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta, ketika Harun Masiku melintas masuk pada 7 Januari 2020. Sehingga keberadaan Harun di Indonesia baru diketahui 15 hari berikutnya.

"HM (Harun Masiku) telah melintas masuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Batik Air pada tanggal 7 Januari 2020,” ucap Ronny tanggal 22 Januari 2019 kemarin.


Editor : Rizal Bomantama