PPKM: Pekan Pelaku UMKM Makin Cakap Digital, Kolaborasi Kominfo dengan Mitra Jejaring Siberkreasi untuk Pelaku UMKM Indonesia
JAKARTA, iNews.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi mengadakan “PPKM” atau Pekan Pelaku UMKM. Acara ini dilaksanakan pada 3 hingga 10 September 2021.
PPKM merupakan pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan secara daring dengan menghadirkan pembicara dan pelaku UMKM yang kompeten untuk menjadi narasumber di delapan pelatihan yang mengusung tema yang berbeda-beda. Mulai dari strategi digital marketing, strategi menetapkan harga, cara menetapkan untung, strategi mengelola media sosial usaha, hingga cara melakukan product branding.
Inisiatif ini berawal dari kondisi UMKM terkini di Indonesia. Istilah ‘Si Kecil yang Berdampak Besar’ nampaknya sangat tepat untuk menggambarkan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia karena UMKM merupakan tulang punggung bagi perekonomian bangsa.
Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM RI pada 2017 menyatakan bahwa UMKM menguasai sekitar 99,99 persen pangsa (62,9 juta unit) dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia. Tak hanya itu, UMKM juga menyerap sekitar 97 persen tenaga kerja nasional.
Namun begitu, kekuatannya mulai melemah sejak terimbas oleh pandemi Covid-19. Sekitar 45 persen pelaku usaha kecil hanya mampu bertahan selama tiga bulan, 88 persen di antaranya kehabisan modal untuk kelangsungan usaha, dan 60 persennya telah melakukan pengurangan tenaga kerja.