Puji Penyusunan Kabinet, Sekjen Perindo: Jokowi Merangkul Seluruh Elemen Bangsa

Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 30 Oktober 2019 - 17:10 WIB
Puji Penyusunan Kabinet, Sekjen Perindo: Jokowi Merangkul Seluruh Elemen Bangsa

Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq (dua dari kanan) dalam diskusi politik di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id – Sekretaris Jenderal Partai Perindo Ahmad Rofiq mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo yang merangkul seluruh elemen bangsa dalam pemerintahannya. Sikap Jokowi mengedepankan persatuan demi kemajuan bangsa.

Rofiq menuturkan, Jokowi sesungguhnya bisa saja tidak mengajak rival di Pemilu 2019 dalam gerbong koalisi. Namun, Kepala Negara mengambil keputusan bijaksana dengan merangkul semua kekuatan yang ada.

"Tidak mengedepankan (ego) perbedaan, tetapi semuanya diajak bersama dalam membangun bangsa. Jokowi merangkul semua elemen bangsa," kata Rofiq saat diskusi, “Rekonsiliasi Nasional: Apa, Untuk Apa, dan Bagaimana?” di Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Hadir sebagai narasumber dalam diskusi ini antara lain Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, akademisi UI Chusnul Mariyah, dan Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin.

BACA JUGA: Jokowi Lantik Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara

Menurut Rofiq, keputusan Jokowi mengundang partai lain yang bukan pendukungnya masuk ke pemerintahan juga cermin perbuatan nasionalis. Jokowi tidak terpaku pada sikap ‘menang-menangan’ tetapi memilih berkomunikasi dengan banyak pihak.

Karena itu, Rofiq menilai tidak ada gunanya masyarakat masih meributkan ketika ada pihak yang sebelumnya berseberangan, kini justru bergabung dengan pemerintahan. Justru terpenting saat ini yaitu rekonsiliasi untuk kepentingan lebih besar.

Untuk diketahui, dalam penyusunan Kabinet Indonesia Maju, Jokowi mengajak Partai Gerindra bergabung. Dua kader Gerindra, yakni Ketua Umum Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Umum Edhy Prabowo dipercaya sebagai menteri. Prabowo menjabat menteri pertahanan, sementara Edhy menteri kelautan dan perikanan.

Rofiq juga mengingatkan bahwa pemilu pasca reformasi semata-mata proses peralihan kekuasaan. Karena itu, sewajarnya ketika pemilu usai, masyarakat kembali bersatu sebagai wujud kepedulian terhadap negara.


Editor : Zen Teguh