Sah! KPU Tetapkan 575 Anggota DPR Duduk di Senayan

Ilma De Sabrini ยท Sabtu, 31 Agustus 2019 - 17:21 WIB
Sah! KPU Tetapkan 575 Anggota DPR Duduk di Senayan

Logo KPU (ilustrasi). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi menetapkan 575 anggota DPR terpilih untuk menduduki kursi legislatif periode 2019-2024. Penetapan itu berdasarkan hasil perhitungan suara sah dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Penetapan para wakil rakyat itu ditetapkan langsung oleh Ketua KPU Arief Budiman. Dia menjelaskan, penetapan oleh instansinya menjadi tindak lanjut dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam perkara perselisihan hasil pemilu (PHPU), beberapa waktu lalu.

“Penetapan dilakukan setelah KPU menindaklanjuti melaksanakan putusan MK. Penetapan ini ditetapkan dan tercantum dalam Berita Acara KPU tentang Penetapan Perolehan Kursi, Parpol, dan Calon Terpilih,” kata Ketua KPU Arief Budiman di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019).

BACA JUGA: Ini 12 Artis yang Lolos ke DPR, Ada Krisdayanti dan Muhammad Farhan

Nama-nama calon terpilih yang ditetapkan oleh KPU tersebut selanjutnya diajukan ke Presiden Joko Widodo dan Mahkamah Agung (MA) Widodo. “KPU akan mengusulkan calon terpilih, untuk menetapkan sumpah janji pada presiden dan MA,” tutur Arief.


Editor : Ahmad Islamy Jamil