Sidak ke Rutan, KPK Temukan HP Diduga Milik Imam Nahrawi

Riezky Maulana ยท Selasa, 10 Maret 2020 - 21:30 WIB
Sidak ke Rutan, KPK Temukan HP Diduga Milik Imam Nahrawi

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri. (Foto: iNews.id/ Riezky Maulana).

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) inspeksi mendadak (sidak) ke rumah tahanan (rutan) mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Jumat (6/3/2020). Sidak dilakukan menyusul adanya unggahan foto di status akun Whatsapp Imam Nahrawi, Kamis (5/3/2020).

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, saat sidak KPK menemukan handphone (HP) diduga milik Imam Nahrawi. HP ditemukan dalam kondisi tidak aktif.

"Hari Jumatnya (6/3/2020) petugas sidak ke dalam rutan dan saat itu memang menemukan ada alat bukti elektronik berupa handphone yang sudah mati," ujar Ali di Gedung KPK, Selasa (10/3/2020) malam.

Dia menuturkan, setelah mendapatkan barang bukti, Imam Nahrawi langsung diperiksa oleh petugas rutan. Saat itu Imam Nahrawi menyangkal menggunakan HP mengunggah foto di status akun Whatsapp.

Saat ini kepala rutan bekerja sama dengan divisi forensik KPK untuk memgetahui lebih jauh isi HP tersebut. KPK perlu membuka isi HP tersebut guna mencari informasi lain. "Kemudian melakukan pemeriksaan lanjutan juga kepada Imam Nahrawi, yang sampai hari ini masih tidak mengakui kesalahannya," katanya.

Saat ini Imam Nahrawi menempati Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur, Jakarta Selatan. Dia ditetapkan tersangka oleh KPK terkait kasus dana hibah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Editor : Kurnia Illahi