Sosok Nadiem Makarim, Pendiri Gojek Menuju Istana

Ilma De Sabrini ยท Senin, 21 Oktober 2019 - 12:43 WIB
Sosok Nadiem Makarim, Pendiri Gojek Menuju Istana

Nadiem Makarim, pengusaha yang dipanggil ke Istana Negara untuk menjadi salah satu anggota kabinet Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Nadiem Makarim, salah satu sosok yang dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokwi) ke Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2019). Nadiem datang ke Istana untuk menjadi salah satu anggota kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin periode 2019-2024.

Nama Nadiem Makarim mulai dikenal ketika idenya memanfaatkan kecanggihan teknologi mobile, Gojek. Dia berhasil merevolusi industri transportasi ojek.

Sebelum konsentrasi di Gojek dia pernah berkarier di perusahaan Mckinsey & Company, konsultan ternama di Jakarta selama tiga tahun. Selain itu dia pernah bekerja sebagai Co-founder dan Managing Editor di Zalora Indonesia hingga dipercaya menjadi Chief Innovation officer kartuku.

Setelah melalui perjalanan karier cukup panjang, akhirnya dia memutuskan untuk membuka perusahaan sendiri pada 2011 yang dikenal dengan nama Gojek.

Kini perusahaannya menjadi salah satu unicorn di Indonesia. Unicorn merupakan istilah yang digunakan bagi startup yang memiliki nilai valuasi lebih dari 1 miliar dolar.

Dihimpun dari berbagai sumber, ide tentang bisnis transportasi Gojek berawal dari diskusi dengan tukang ojek langganannya. Saat itu dia termasuk jarang menggunakan mobil karena mobilitasnya yang tinggi, sehingga lebih memilih transportasi roda dua dalam beraktivitas.

Dari perbicangannya itu diketahui waktu tukang ojek lebih banyak dihabiskan untuk menunggu dan sulit mendapatkan penumpang. Dia juga sering merasakan kesulitan mendapatkan ojek saat sangat dibutuhkan. Ditambah lagi dengan kemacetan di Jakarta yang menghambat ativitas.

Dari situlah dia terpikir perlu ada layanan transportasi yang cepat untuk membantu warga Jakarta hingga munculnya Gojek seperti sekarang.

Nadiem Makarim diketahui lahir di Singapura, 4 Juli 1984 dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadrie. Nono Makarim diketahui putra asal Minangkabau yang berprofesi sebagai pengacara dan penulis.

Sementara Atika Algadrie keturunan Arab yang bekerja di bidang non-profit. Dia memiliki dua saudara perempuan.

Pada 2014 dia menikahi Franka Franklin dan dikarunia anak bernama Solara Franklin Makarim.

Pendidikannya lebih banyak diselesaikan di luar negeri. Mulai dari SMA di Singapura dan melanjutkan ke perguruan tinggi di Harvard University, Amerika Serkat jurusan International Relations di Brown University. Dia juga pernah menempuh studi di Harvard Business School dan lulus dengan menyandang gelar MBA (Master Business Of Administration).

Berkat kerja keras dan keuletan menjadikan dia sebagai salah satu pengusaha muda yang berhasil. Majalah Globe Asia 2018 pernah mencatat total kekayaan Naidem Makarim mencapai 100 juta dolar Amerika atau setara Rp1,4 triliun. Kekayaan itu diraup dari saham dimiliki di Gojek.

Editor : Kurnia Illahi