Get iNews App with new looks!
Mode Gelap
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Aturan Baru UU Pelindungan Ketenagakerjaan, Kontrak Kerja PKWT Maksimal 2 Tahun
Advertisement . Scroll to see content

UU Pelindungan Ketenagakerjaan: Waktu Kerja 40 Jam, Lembur Maksimal 4 Jam Sehari

Selasa, 10 November 2026 - 12:10:00 WIB
UU Pelindungan Ketenagakerjaan: Waktu Kerja 40 Jam, Lembur Maksimal 4 Jam Sehari
UU Pelindungan Ketenagakerjaan terbaru membatasi lembur maksimal 4 jam sehari dan 18 jam seminggu serta mengatur besaran upah tambahannya. (Foto: Ilustrasi/Dok. IMG)
Advertisement . Scroll to see content

Tidak hanya mengatur batas waktu, pemerintah juga menetapkan ketentuan pembayaran upah lembur yang wajib dipenuhi perusahaan kepada pekerja.

Dalam Pasal 116 ayat (2), upah lembur untuk jam pertama ditetapkan sebesar 1,5 kali upah sejam. Sementara itu, setiap jam lembur berikutnya wajib dibayar sebesar 2 kali upah sejam.

Perhitungan upah sejam didasarkan pada upah bulanan yang dibagi 173.

Sebagai simulasi, seorang pekerja di DKI Jakarta dengan upah bulanan setara upah minimum provinsi (UMP) sebesar Rp5.729.876 memiliki upah per jam sekitar Rp33.121. Angka tersebut diperoleh dari pembagian upah bulanan dengan 173.

Jika pekerja tersebut menjalani lembur selama satu jam, perusahaan wajib membayar tambahan upah sekitar Rp49.681. Apabila lembur berlangsung selama dua jam, total upah lembur yang diterima menjadi sekitar Rp115.922.

Sementara itu, untuk tiga jam lembur, pekerja berhak mendapatkan tambahan sekitar Rp182.163. Adapun jika pekerja menjalani lembur selama empat jam, total upah lembur yang harus dibayarkan perusahaan mencapai sekitar Rp248.405.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow

Related News

 
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut