Get iNews App with new looks!
Mode Gelap
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Aturan Baru UU Pelindungan Ketenagakerjaan, Kontrak Kerja PKWT Maksimal 2 Tahun
Advertisement . Scroll to see content

UU Pelindungan Ketenagakerjaan: Waktu Kerja 40 Jam, Lembur Maksimal 4 Jam Sehari

Selasa, 10 November 2026 - 12:10:00 WIB
UU Pelindungan Ketenagakerjaan: Waktu Kerja 40 Jam, Lembur Maksimal 4 Jam Sehari
UU Pelindungan Ketenagakerjaan terbaru membatasi lembur maksimal 4 jam sehari dan 18 jam seminggu serta mengatur besaran upah tambahannya. (Foto: Ilustrasi/Dok. IMG)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah membatasi waktu kerjalembur maksimal 4 jam dalam sehari atau 18 jam dalam satu minggu. Ketentuan ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2026 tentang Pelindungan Ketenagakerjaan.

Aturan mengenai batas waktu lembur tercantum dalam Pasal 116. Dalam ketentuan tersebut, pemberi kerja yang mempekerjakan pekerja atau buruh melebihi waktu kerja normal wajib memenuhi sejumlah persyaratan, termasuk memperoleh persetujuan dari pekerja yang bersangkutan.

Selain itu, perintah kerja lembur harus diberikan secara tertulis dan/atau melalui media digital oleh pemberi kerja. Adapun batas waktu lembur ditetapkan paling lama 4 jam dalam satu hari dan 18 jam dalam satu minggu.

Sementara itu, ketentuan waktu kerja normal dalam Pasal 115 UU tersebut ditetapkan selama 7 jam sehari dan 40 jam seminggu untuk pola 6 hari kerja. Adapun pekerja dengan pola 5 hari kerja memiliki waktu kerja 8 jam sehari dan 40 jam seminggu.

Dengan demikian, pekerjaan yang dilakukan di luar ketentuan waktu kerja normal tersebut dihitung sebagai kerja lembur.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow

Related News

 
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut