Vaksinasi Covid-19, Jokowi Berharap Izin BPOM Keluar Paling Lama Pekan Depan

Dita Angga ยท Rabu, 06 Januari 2021 - 16:49:00 WIB
Vaksinasi Covid-19, Jokowi Berharap Izin BPOM Keluar Paling Lama Pekan Depan
Presiden Joko Widodo berharap izin BPOM untuk penggunaan darurat vaksin covid-19 keluar paling lama pekan depan. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan vaksinasi covid-19 rencananya dimulai pekan depan. Oleh sebab itu dia berharap izin penggunaan darurat BPOM terhadap vaksin buatan Sinovac bisa keluar paling lama pekan depan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat pembagian bantuan modal kerja kepada pedagang mikro dan kecil di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (6/1/2021). Jokowi memastikan tak lama setelah izin BPOM keluar dirinya akan disuntik pertama.

"Kita masih menunggu hasil pengujian, nanti akan keluar yang namanya izin darurat penggunaan dari BPOM. Dan kita harapkan nanti minggu ini atau minggu depan keluar. Mungkin sehari atau dua hari setelah itu saya langsung disuntik yang pertama vaksinnya,” kata Jokowi.

Jokowi berharap penyuntikan terhadap dirinya akan menimbulkan rasa percaya di masyarakat terhadap program vaksinasi covid-19. Dia pun menjelaskan jika izin penggunaan darurat dari BPOM sudah terbit berarti vaksin telah melalui uji klinis dan dipastikan aman untuk masyarakat.

“Insya Allah nanti minggu depan ini dimulai, sudah dimulai suntik vaksin. Nanti yang pertama kali disuntik saya. Saya ingin menunjukkan vaksinnya aman karena sudah melalui uji klinis setidaknya dua kali. Sudah diuji,” ucapnya.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2