Deretan Sasis Bus di Indonesia, Intip Paling Bertenaga dan Nyaman Disukai Busmania

Muhamad Fadli Ramadan · Senin, 26 September 2022 - 10:53:00 WIB
Deretan Sasis Bus di Indonesia, Intip Paling Bertenaga dan Nyaman Disukai Busmania
Bukan hanya ingin terlihat gagah, setiap PO bus memiliki strategi dalam memilih sasis yang akan digunakan berdasarkan rute atau trayek yang dilewati. (Foto: Istimewa/APM)

JAKARTA, iNews.idBus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk bepergian. Perusahan Otobus (PO) pun berlomba menghadirkan sasis bus terbaik demi kenyamanan penumpang.

Bukan hanya ingin terlihat gagah, setiap PO bus memiliki strategi dalam memilih sasis yang akan digunakan berdasarkan rute atau trayek yang dilewati. Sebab itu, PO bus memiliki sasis berbeda untuk seluruh armadanya sesuai jalur yang dilewati.

Selain untuk kenyamanan penumpang, pemilihan sasis juga didasarkan pada fitur-fitur yang dapat memudahkan pekerjaan pengemudi atau sopir bus. Bahkan ada sasis yang disukai busmania karena tenaga dan kenyamanannya.

Ada beragam sasis bus yang sudah masuk ke Indonesia. Berikut beberapa sasis bus yang di antaranya menjadi paling disukai PO bus.

1. Mercedes-Benz

Foto: Mercedes-Benz
Foto: Mercedes-Benz

Sasis Mercedes-Benz sangat diminati para PO bus karena menawarkan kenyamanan serta tenaga dan torsi besar. Selain banyak digunakan di Pulau Jawa, sasis keluaran pabrikan Jerman itu juga banyak digunakan di wilayah Sumatera.

Berdasarkan data wholeslaes yang dikeluarkan Gaikindo pada Januari-Agustus 2022, jenis sasis bus yang paling banyak digunakan yaitu OH 1525 dan OH 1626 L MT. Masing-masing terjual sebanyak 114 dan 115 unit.

Untuk urusan performa, OH 1526 dan OH 1626 L MT dibekali mesin yang sama, yakni mesin diesel 6-silinder segaris turbo intercooler berkapasitas 6.374 cc. Ini dapat menyemburkan tenaga 260 hp pada 2.200 rpm dan torsi puncak 950 Nm pada 1.200-1.600 rpm.

Perbedaan antara OH 1526 dan OH 1626 adalah pada transmisi. Jika OH 1526 hanya tersedia transmisi manual, OH 1626 tersedia pilihan manual dan otomatis. Suspensinya juga berbeda, di OH 1626 sudah menggunakan suspensi udara pada depan dan belakang.

2. Hino

(Foto: Hino)
(Foto: Hino)

Pabrikan asal Jepang ini juga memproduksi sasis bus yang sangat populer di Pulau Jawa karena memiliki mesin bandel. Sistem elektrikal dari sasis bus ini juga tidak terlalu rumit dan perawatannya mudah menjadi alasan banyak yang menggunakan sasis ini.

Ada beberapa jenis sasis Hino yang diminati PO bus. Untuk ukuran 5-10 ton, sasis GB150 menjadi yang paling laris dengan penjualan 137 unit sepanjang 2022, sedangkan ukuran 15-24 ton, R 260 jadi yang paling diminati dengan penjualan 177 unit.

Hino R260 dibekali mesin diesel 6-silinder segaris berkapasitas 7.684 cc dengan turbo intercooler. Tenaga yang dikeluarkan mencapai 260 PS pada 2.500 rpm dan torsi maksimum 745 Nm pada putaran 1.500 rpm.

Sementara untuk Hino GB150 dibekali mesin diesel 4-silinder segaris dengan variable nozzle turbocharger intercooler common rail. Tenaga yang dihasilkan 150 PS pada 2.500 rpm dan torsi puncak 42 Nm pada 1.400-2.500 rpm.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda