Mengenal Turbocharged, Teknologi yang Bikin Kecepatan Mobil Tinggi

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 11 April 2020 - 16:54 WIB
Mengenal Turbocharged, Teknologi yang Bikin Kecepatan Mobil Tinggi

Mengenal Turbocharged, teknologi yang bikin kecepatan mobil tinggi (Foto: DFSK)

JAKARTA, iNews.id - Hampir setiap mobil yang diluncurkan saat ini dibekali dengan teknologi turbocharged. Teknologi ini mampu membuat mobil memiliki kecepatan yang cukup tinggi.

PR & Digital Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK), Arviane D. Bahar mengatakan, teknologi turbocharged yang dikombinasikan dengan tenaga yang berlimpah dan transmisi canggih, membuat saluran tenaga ke roda semakin efisien dan nyaman untuk dikendarai di berbagai kondisi jalan.

"Komponen itu ditransformasikan untuk mengoptimalisasikan tenaga, sehingga sangat cocok untuk digunakan kaum urban di area perkotaan dengan karakteristik jalanan stop and go," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Sabtu (11/4/2020).

Salah satu mobil DFSK yang menggendong teknologi turbocharged adalah Glory 560. Mobil ini mengadopsi mesin Turbocharged berkapasitas 1.500 cc yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 148 hp dan torsi 230 Nm yang disalurkan melalui transmisi 6-percepatan manual atau Continuously Variable Transmission (CVT).

"DFSK Glory 560 dirancang untuk konsumen kami yang aktif berpetualang. Jadi, kebutuhan akan kendaraan yang bertenaga, lincah dan irit bahan bakar, bisa terpenuhi," ujar Arviane.

Meski kapasitas mesinnya kecil, hanya 1.500 cc, namun, tenaga yang dihasilkan layaknya mesin 2.000 cc. Menariknya, konsumsi bahan bakarnya tetap seperti mesin 1.500 cc, irit dan efisien.

"Teknologi turbocharged yang disematkan pada DFSK Glory 560 bukan sekadar meningkatkan performa mesin layaknya mobil balap, tapi soal efisiensi bahan bakar," kata Technical Training & Service Manager DFSK, Sugiarto.

Sugiarto menjelaskan, berdasarkan uji coba Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) efisiensi bahan bakar DFSK Glory 560 yakni 1:12,66 liter/km dengan metode ECE101.

Editor : Dini Listiyani