Mobil Biasa Dikonversi Jadi Kendaraan Listrik, Simak Persyaratan Legalitas Surat-suratnya

Muhamad Fadli Ramadan ยท Minggu, 18 September 2022 - 12:25:00 WIB
Mobil Biasa Dikonversi Jadi Kendaraan Listrik, Simak Persyaratan Legalitas Surat-suratnya
Pemerintah telah mengizinkan konversi kendaraan konvensional berbahan bakar minyak (BBM) menjadi kendaraan listrik bertenaga baterai. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengizinkan konversi kendaraan konvensional berbahan bakar minyak (BBM) menjadi kendaraan listrik bertenaga baterai. Keputusan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) RI Nomor 15 tahun 2022 tentang Konversi Kendaraan Bermotor selain Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Peraturan dibuat untuk mempercepat proses transisi dan memungkinkan masyarakat Indonesia memiliki kendaraan listrik dengan harga yang lebih terjangkau. Mengingat saat ini harga kendaraan listrik masih mahal.

Tapi, untuk melakukan konversi kendaraan tak boleh sembarangan. Dalam Permenhub Nomor 15 tahun 2022, disebutkan pengerjaan harus dilakukan oleh bengkel dan teknisi yang sudah terverifikasi serta mendapatkan sertifikat.

Ini diperlukan agar kendaraan yang dikonversi memiliki Sertifikat Uji Tipe (SUT) yang nantinya dijadikan lampiran untuk memproses surat-surat kendaraan tersebut. Sebab itu, kendaraan yang akan dikonversi juga memiliki surat-surat lengkap.

Sebelum dilakukan konversi, mobil juga harus dinyatakan layak jalan. Pihak bengkel harus melakukan permohonan kepada pihak terkait untuk melakukan pengujian dengan syarat:

- Salinan/fotokopi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor dan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

- Hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan bermotor oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.

- Laporan pengujian atau sertifikat baterai standar nasional Indonesia atau standar internasional.

- Diagram instalasi sistem penggerak Motor Listrik.

- Diagram kelistrikan.

- Sertifikat Bengkel Konversi.

- Gambar teknik, foto, dan/atau brosur setiap Kendaraan Bermotor Selain Sepeda Motor yang telah dilakukan Konversi.

- Standar operasional prosedur pemasangan komponen Konversi.

Kendaraan yang lolos setelah dilakukan tes Unit Pelaksana Uji Tipe, akan mendapatkan SUT yang akan dilengkapi tanda pengenal sebagai penanda kendaraan tersebut telah dikonversi menjadi kendaraan listrik.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda