Stres Terjebak Macet di Musim Hujan, Berikut 8 Tips Cegah Emosi saat Berkendara 

Dani M Dahwilani · Minggu, 05 Desember 2021 - 12:24:00 WIB
Stres Terjebak Macet di Musim Hujan, Berikut 8 Tips Cegah Emosi saat Berkendara 
Stres yang tidak bisa dikendalikan dapat membuat pengendara mudah meluapkan emosi dan membahayakan pengguna jalan lain. (Foto: Ilustarsi/Ist)

JAKARTA, iNews.id – Mengemudi mobil di musim hujan tidak dapat dipungkiri berhadapan dengan berbagai masalah. Jalanan macet, genangan air atau mobil mogok bisa menyebabkan stres.  

Perlu diingat, stres yang tidak bisa dikendalikan dapat membuat pengendara mudah meluapkan emosi dan memicu banyak masalah di jalan. Bagaimana mengatasinya? 

Dilansir dari Auto2000, berikut tips mencegah stres saat terjebak macet di musim hujan. 

1. Berdamai dengan Keadaan 

Langkah ini merupakan cara yang paling sederhana untuk mengatasi stres dengan menyadari masalah dalam perjalanan adalah hal yang tidak dapat dihindari dan siap menerima apapun risikonya. Gunakan waktu untuk berpikir dan menenangkan diri sejenak dari berbagai aktivitas yang menyita konsentrasi, sehingga dapat fokus dan waspada saat mengemudi mobil. 

2. Bikin Kabin Mobil Senyaman Mungkin 

Buat kabin mobil senyaman mungkin seperti berada di ruang keluarga rumah. Pastikan mobil terjaga kebersihannya dan tambahkan pengharum kabin agar suasana terasa lebih homy. Pastikan pula AC mobil dingin dan perangkat pendukung lain seperti head unit dan wiper mobil berfungsi dengan baik.  

3. Atur Posisi Duduk 

Posisi berkendara yang tepat bukan hanya membuat pengendara dapat mengantisipasi segala kondisi, namun juga menciptakan suasana rileks dan tenang. Caranya, duduk jangan terlalu tegak yang bikin cepat lelah, tapi juga tidak terlalu rebah yang malah sulit mengantisipasi keadaan. Usahakan memegang setir dengan rileks sehingga dapat melakukan manuver dengan cepat dan aman.  

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: