Cara Kerja Motor Starter pada Sepeda Motor

Tangguh Yudha · Rabu, 18 Mei 2022 - 10:39:00 WIB
Cara Kerja Motor Starter pada Sepeda Motor
Sistem starter sepeda motor menggunakan motor listrik arus searah yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik untuk memberikan gerak mula pada poros engkol. (Foto: Istimewa/Tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id - Banyak yang belum mengetahui cara kerja motor starter pada sepeda motor. Saat menghidupkan sepeda motor, biasanya pengendara menekan tombol starter atau menginjak kick starter.

Nah, buat yang kepo, yuk simak penjelasan tentang cara kerja starter motor. Sistem starter sepeda motor menggunakan motor listrik arus searah yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik untuk memberikan gerak mula pada poros engkol.

Gerak mula pada poros engkol atau crankshaft digunakan untuk menggerakan torak naik ke TMA dan turun ke TMB agar proses isap, kompresi, kerja dan buang bisa dimulai.

Tugas sistem starter hanya untuk memberikan gerakan awal poros engkol saat memulai menghidupkan mesin.

Untuk menghidupkan mesin sepeda motor diperlukan gerakan awal pada poros engkol (crankshaft) agar torak bergerak naik turun sehingga mesin dapat memulai siklusnya.

Gerakan awal berupa putaran pada poros engkol diberikan oleh Sistem Starter atau Sistem Penggerak Mula. 

Sistem starter dibedakan menurut jenis penggerak yang memulai putaran, yaitu sistem starter mekanis dan sistem starter motor listrik. Kedua sistem starter ini hampir semuanya dipasang pada berbagai jenis sepeda motor.

Dari kedua sistem starter tersebut, jenis penggerak motor listrik merupakan jenis yang paling banyak digunakan oleh pengguna sepeda motor karena penggunaanya yang mudah dan ringan.

Sedangkan sistem starter jenis penggerak mekanis atau sering disebut juga dengan kick starter lebih banyak digunakan sebagai cadangan karena penggunaannya yang lebih ribet.

Kick starter membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk menggerakan poros engkol sehingga digunakan hanya ketika sistem starter motor listrik mengalami gangguan.

Bagaimana cara kerja motor starter pada sepeda motor. Ada banyak komponen pada sistem starter motor. Masing-masingnya memiliki tugas dan fungsi tersendiri. Berikut adalah komponen pada sistem starter motor:

1. Baterai

Baterai adalah sumber listrik berarus DC dengan tegangan 12 Volt. Hampir semua komponen kelistrik pada sepeda motor mengambil energi listrik dari baterei.

Kapasitas baterei berbeda-beda pada setiap merk dan tipe sepeda motor, yang biasanya disesuaikan dengan kapasitas mesin dan kelengkapan kelistrikan lainnya.

2. Fuse atau Sekring

Fuse atau sekring adalah komponen pengaman rangkaian kelistrikan saat terjadi short circuit atau hubungan singkat.

Ketika terjadi short circuit maka fuse akan memutuskan dirinya sendiri agar komponen dan kabel dalam rangkaian kelistrikan tidak terbakar atau rusak.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: